Standar Ukuran Wastafel Cuci Piring dan Cuci Tangan

Posted on

⏩Temukan berbagai macam ukuran wastafel cuci piring dan cuci tangan lengkap⭐ Daftar ukuran wastafel 1 bak dan 2 bak⭐

Dalam dunia rumah tangga dan bisnis kuliner, wastafel adalah salah satu perangkat penting. Mereka digunakan untuk mencuci piring kotor setelah makan, mencuci tangan sebelum makan, atau bahkan membersihkan bahan makanan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada standar ukuran yang harus dipatuhi untuk wastafel cuci piring dan cuci tangan di Indonesia?

Melalui pembahasan kali ini, dekorminimalis akan membahas berbagai aspek terkait standar ukuran wastafel di Indonesia, menginformasikan Anda tentang pentingnya kepatuhan terhadap standar ini.

Standar Ukuran Wastafel

ukuran wastafel

Sebelum kita masuk ke detail tentang standar ukuran wastafel, penting untuk memahami mengapa standar ini begitu penting. Standar ukuran adalah pedoman yang ditetapkan oleh otoritas terkait untuk memastikan bahwa wastafel memenuhi kebutuhan fungsional dan sanitasi.

Hal ini juga membantu dalam konsistensi dalam desain dan instalasi wastafel, sehingga mereka dapat digunakan dengan nyaman oleh semua orang.

Ukuran Wastafel Cuci Piring

ukuran wastafel cuci piring

  • Dimensi Umum

Wastafel cuci piring harus memiliki dimensi umum yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Di Indonesia, standar umumnya adalah lebar sekitar 60-70 cm, panjang sekitar 40-50 cm, dan kedalaman sekitar 15-20 cm.

  • Ketinggian

Wastafel harus dipasang pada ketinggian yang ergonomis, yaitu sekitar 85 cm dari lantai. Ini memastikan bahwa pengguna dapat mencuci piring dengan nyaman tanpa harus membungkuk terlalu rendah atau meraih terlalu tinggi.

  • Keran Air

Ketinggian keran air pada wastafel cuci piring sebaiknya berada sekitar 20-25 cm di atas permukaan wastafel. Ini memungkinkan ruang yang cukup untuk mengisi wadah atau mencuci piring dengan nyaman tanpa harus merendahkan tangan terlalu jauh. Pastikan juga bahwa keran ini mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengguna agar penggunaan wastafel menjadi lebih efisien dan nyaman.

  • Bahan Material

Bahan pembuatan wastafel juga penting. Mereka sebagian besar terbuat dari stainless steel atau porselen yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Ini adalah bagian penting dari standar kualitas.

Ukuran Wastafel Cuci Tangan

ukuran wastafel cuci tangan

  • Dimensi Umum

Wastafel cuci tangan memiliki dimensi yang berbeda dari wastafel cuci piring. Mereka biasanya lebih kecil, dengan lebar sekitar 40-50 cm, panjang sekitar 30-40 cm, dan kedalaman sekitar 10-15 cm.

  • Ketinggian

Ketinggian wastafel cuci tangan juga harus dipasang pada ketinggian yang sesuai, yaitu sekitar 85 cm dari lantai. Ini memastikan kenyamanan pengguna saat mencuci tangan.

  • Sabun dan Hand Dryer

Untuk wastafel cuci tangan, dispenser sabun sebaiknya dipasang sekitar 15-20 cm di atas permukaan wastafel. Ini memudahkan pengguna untuk mengambil sabun dengan mudah tanpa harus membungkuk terlalu jauh.

Selain itu, hand dryer atau tempat tisu kering sebaiknya ditempatkan pada ketinggian yang sama, yaitu sekitar 15-20 cm di atas wastafel.

Hal ini memastikan bahwa pengguna dapat mengeringkan tangan mereka dengan nyaman setelah mencuci tangan, menjaga kebersihan dan kenyamanan di area wastafel cuci tangan.

  • Bahan Material

Sama seperti wastafel cuci piring, wastafel cuci tangan juga harus terbuat dari bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan seperti stainless steel atau porselen.

Dari paparan uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa standar ukuran wastafel cuci piring umumnya memiliki dimensi  sekitar 60-70 cm lebar, 40-50 cm panjang, dan 15-20 cm kedalaman, dengan ketinggian keran air sekitar 20-25 cm di atas permukaan wastafel.

Sedangkan ukuran wastafel cuci tangan memiliki dimensi yang lebih kecil dari wastafel cuci piring, yaitu sekitar 40-50 cm lebar, 30-40 cm panjang, dan 10-15 cm kedalaman, dengan dispenser sabun dan hand dryer atau tempat tisu kering ditempatkan sekitar 15-20 cm di atas wastafel.

Namun selain kedua standar ukuran diatas, anda juga bisa melihat ukuran wastafel model single dan double berikut:

Jenis Wastafel Lebar (cm) Dalam (cm)
Wastafel Cuci Tangan 40-50 30-40
Wastafel 1 bak 60-80 40-60
Wastafel 2 bak 120-160 40-60

Tips Memilih Ukuran Wastafel yang Tepat

memilih ukuran wastafel

Memilih ukuran wastafel yang tepat adalah langkah kunci dalam menghadirkan kamar mandi yang fungsional dan estetis. Keputusan ini tidak boleh dianggap enteng, mengingat dampaknya pada pengalaman penggunaan harian dan tampilan keseluruhan kamar mandi Anda.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih ukuran wastafel:

1. Ukuran Kamar Mandi

Salah satu faktor terpenting dalam memilih ukuran wastafel adalah ukuran keseluruhan kamar mandi Anda. Jika Anda memiliki ruang yang terbatas, seperti pada kamar mandi tamu atau kamar mandi kecil, maka wastafel dengan ukuran yang lebih kecil, seperti wastafel cuci tangan, mungkin merupakan pilihan yang lebih bijak.

Ini akan membantu Anda menghemat ruang yang berharga dan menjaga kamar mandi terasa lapang.

Di sisi lain, kamar mandi utama yang lebih besar mungkin lebih cocok untuk wastafel tunggal atau ganda. Ini memberikan lebih banyak ruang untuk beraktivitas di wastafel dan memberikan tampilan yang lebih seimbang dalam ruang yang lebih besar.

2. Kebutuhan Penggunaan

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan wastafel tersebut. Apakah itu akan digunakan hanya untuk mencuci tangan atau wajah, ataukah Anda juga berencana untuk mencuci rambut di sana? Pertimbangkan juga apakah wastafel tersebut akan digunakan oleh satu orang saja atau beberapa orang dalam satu waktu.

Misalnya, bagi pasangan yang sering menggunakan wastafel bersamaan, wastafel ganda dapat memberikan kenyamanan tambahan. Namun, bagi kamar mandi pribadi yang hanya digunakan oleh satu orang, wastafel tunggal mungkin sudah cukup dan memadai.

3. Estetika

Ukuran wastafel juga memiliki dampak besar pada estetika kamar mandi Anda. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan gaya dan desain keseluruhan kamar mandi. Ukuran yang tidak proporsional dapat mengganggu keselarasan visual ruangan.

Seiring dengan ukuran, pertimbangkan juga bentuk dan gaya wastafel. Ada banyak pilihan dari wastafel bulat hingga persegi panjang, dan dari yang minimalis hingga yang mewah. Pastikan wastafel yang Anda pilih sesuai dengan tema desain kamar mandi Anda.

Pelajari Juga Katalog Ukuran Lainnya :
Ukuran Wiremesh Ukuran Paralon
Ukuran Besi Hollow Ukuran Triplek
Ukuran Baut dan Mur Ukuran Tandon Air
Ukuran Plafon PVC Ukuran Meja Makan
Ukuran Roster Beton Ukuran Seng Gelombang
Ukuran Bathtub Standar Ukuran Selang Air

Itulah uraian informasi mengenai standar ukuran wastafel yang bisa kamu ulas untuk anda. Dalam menentukan ukuran wastafel yang tepat, pertimbangkan ukuran kamar mandi, kebutuhan penggunaan, dan estetika keseluruhan.

Pemilihan yang bijak akan membuat kamar mandi Anda lebih fungsional, nyaman, dan estetis. Ingatlah untuk selalu merawat wastafel dengan baik agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *