Ragam Ukuran Triplek dan Kegunaannya

Ragam ukuran triplek 1 lembar standar Indonesia✅ Ukuran triplek melamin dan multiplek untuk plafon & cor (3mm, 4mm, 5mm, 6mm, 9mm, 12mm)✅

Sebelum memutuskan membeli plywood, Anda perlu memahami konsepnya terlebih dahulu. Konsep tersebut meliputi fungsi, jenis-jenis plywood, kelebihan, kekurangan, harga, dan tips memilih triplek yang benar.

Pada ulasan kali ini, tim dekorminimalis.com akan menyajikan serangkaian informasi mengenai ragam ukuran triplek 1 lembar standar Indonesia (SNI) dan juga fungsi fungsinya. Penasaran penjelasannya seperti apa? Simak pembahasan yang akan dijabarkan berikut ini.

Ukuran Triplek Per Lembar

ukuran triplek

Ukuran triplek 1 lembar standar yang dijual di Indonesia memiliki Panjang 244 cm x Lebar 122 cm ( 2440 mm x 1220 mm ) atau 96 inch x 48 inc (4 x 8 kaki) dengan ketebalan 3 mm sampai 32 mm.

Ukuran triplek diatas telah menjadi standar nasional Indonesia untuk 1 lembar triplek yang dijual di pasaran. Namun tidak berarti semua ukuran triplek per lembar yang dijual di pasaran mengacu hanya pada 1 varian ukuran triplek diatas.

Hal ini karena banyak varian ukuran triplek yang bergantung pada jenis dan keperluannya. Berikut detail standar ukuran triplek multiplek yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

Tebal Triplek Panjang x Lebar (mm) Panjang x Lebar (inch)
Ketebalan 3 mm 2440 mm x 122 mm x 3 mm 96 inch x 48 inch x 1/8 inch
Ketebalan 6 mm 2440 mm x 122 mm x 6 mm 96 inch x 48 inch x 1/4 inch
Ketebalan 9 mm 2440 mm x 122 mm x 9 mm 96 inch x 48 inch x 3/8 inch
Ketebalan 12 mm 2440 mm x 122 mm x 12 mm 96 inch x 48 inch x 1/2 inch
Ketebalan 15 mm 2440 mm x 122 mm x 15 mm 96 inch x 48 inch x 5/8 inch
Ketebalan 18 mm  2440 mm x 122 mm x 18 mm 96 inch x 48 inch x 3/4 inch
Ketebalan 25 mm 2440 mm x 122 mm x 25 mm 96 inch x 48 inch x 1 inch
Ketebalan 32 mm 2440 mm x 122 mm x 32 mm 96 inch x 48 inch x 1-1/4 inch

Ukuran Triplek untuk Plafon

Varian ukuran pada triplek bangunan tentunya harus anda tentukan sesuai dengan kebutuhan. Perlu anda ketahui bahwa standar ukuran triplek untuk plafon rumah umumnya memiliki panjang 2440 mm dan lebar 1220 mm atau 122 cm x 244 cm dengan ketebalan 3mm, 4mm, dan 6mm.

Penggunaan triplek untuk plafon rumah memang bisa menjadi alternatif terbaik untuk anda terapkan. Selain karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan penggunaan plafon PVC, material triplek juga lebih mudah anda dapatkan pada toko toko bangunan disekitar rumah anda.

Selain memiliki keunggulan dari sisi harga yang terjangkau, plafon dengan material triplek juga lebih flexibel dalam pemilihan warna dibandingkan dengan menggunakan plafon gypsum, hal ini karena material triplek bisa menyerap jenis cat kayu dengan merk apapun.

Ukuran Triplek untuk Cor/ Dak

Salah satu material yang dibutuhkan dalam pengecoran bangunan adalah triplek. Namun triplek yang digunakan tentunya memiliki ukuran khusus untuk bisa menahan adukan semen dan pasir dalam pembuatan cor bangunan.

Standar ukuran triplek cor/ dak bangunan adalah 1220 mm x 2440 mm (122 cm x 244 cm) dengan ketebalan 6 mm, 12 mm, dan 15 mm. Pemilihan jenis triplek untuk cor umumnya menggunakan triplek jenis Hardwood yang memang terkenal memiliki ketahanan yang tinggi.

Pemilihan ukuran triplek untuk keperluan pengecoran ini bergantung pada komponen beton yang anda gunakan, jika anda menggunakan beton dengan berat yang besar, maka anda membutuhkan setidaknya triplek dengan ketebalan diatas 12 mm.

Ukuran Triplek untuk Pintu

Selain bisa digunakan sebagai material plafon dan juga konstruksi bangunan cor, triplek juga bisa anda gunakan sebagai pintu rumah minimalis. Penggunaan triplek pada pintu rumah ini umumnya menggunakan triplek jenis softwood, MDF, dan juga melamin.

Standar ukuran triplek buat pintu rumah adalah 1220 mm x 2440 mm (122 cm x 244 cm) dengan ketebalan milai dari 4 mm hingga 9 mm. Namun jika anda menggunakan pintu dengan ukuran besar, anda bisa mencoba penggunaan triplek berukuran 12 mm.

Penggunaan material triplek pada pintu rumah biasanya menjadi alternatif terbaik untuk anda yang ingin menghemat budget dalam merenovasi rumah. Hal ini karena material triplek lebih murah dibandingkan menggunakan pintu dengan bahan material kayu.

Ukuran Triplek Melamin

ukuran triplek melamin

Ukuran triplek melamin per lembar standarnya memiliki panjang 40 cm hingga 60 cm dan lebar 40 cm hinga 120 cm, dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 3 mm hingga 18 mm.

Triplek melamin merupakan jenis triplek yang memiliki lapisan polyster dan melamin. Umumnya triplek ini dijual dengan berbagai pilihan varian warna. Berikut untuk tabel ukuran triplek melamin lengkap yang bisa anda simak.

Ukuran Tebal (mm) Ukuran L x P (cm)
Triplek melamin 3 mm 40 x 60 cm
Triplek melamin 6 mm 50 x 50 cm
Triplek melamin 9 mm 40 x 80 cm
Triplek melamin 12 mm 60 x 60 cm
Triplek melamin 15 mm 60 x 80 cm
Triplek melamin 18 mm 70 x 70 cm
Triplek melamin 18 mm 50 x 100 cm
Triplek melamin 18 mm 60 x 100 cm
Triplek melamin warna 18 mm 80 x 80 cm
Triplek melamin glossy 18 mm 60 x 120 cm
Triplek melamin doff/ mate 18 mm 120 x 240 cm

Varian Ketebalan Triplek

ukuran triplek biasa

Varian ketebalan triplek umumnya memiliki ukuran 1 ¼, 1 1/8, ¾, 5/8, ½, 3/8, ¼, dan 1/8 inci. Namun ketebalan aktual yang sebenarnya adalah masing-masing 1 ¼, 1 1/8, 23/32, 19/32, 15/32, 11/32, 1/4, dan ⅛.

Angka ketebalan triplek yang tertulis pada triplek per 1 lembar sebenarnya bukanlah ukuran yang absolut benar. Hal ini karena saat proses pengamplasan, ketebalan kayu pada triplek bisa berkurang hingga 1/32 inci untuk tiap 1 lembarnya. Berikut untuk rumus perhitungannya :

rumus ketebalan triplek

Dengan :

W = Berat rata-rata hasil amplasan dari 5 buah contoh triplek.

C = Nilai amplasan.

Guna membantu anda dalam mengenali jenis jenis triplek menurut ketebalannya, berikut bisa langsung anda simak ulasannya :

  • Triplek 3 Lapis

Salah satu jenis triplek yang seringkali digunakan dalam kebutuhan konstruksi bangunan adalah triplek dengan ketebalan 3 lapisan. Triplek jenis ini terbuat dariu lapisan venir yang bisa bertahan cukup lama.

Triplek tiga lapis ini umumnya digunakan dalam pembuatan plafon, pintu rumah, dan juga kebutuhan dekorasi ruangan lainnya.

  • Triplek 5 Lapis

Varian kedua adalah triplek dengan ketebalan hingga 5 lapisan. Jenis triplek yang satu ini umumnya digunakan untuk kebutuhan yang memerlukan daya kekuatan yang tinggi dalam menerima beban.

Pengaplikasian triplek dengan ketebalan lima lapis ini bisa anda temui pada penggunaan dekorasi lemari penyekat ruangan (sketsel), partisi pada sekolah sekolah/ kampus, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Triplek 7 Lapis

Varian yang terahir adalah triplek dengan ukuran ketebalan hingga 7 lapis. Triplek dengan ketebalan yang mencapai 7 lapis ini umumnya memiliki ukuran 15 mm hingga 20 mm.

Contoh penggunaan pada triplek 5 lapis bisa anda lihat pada pengecoran gedung gedung tinggi, kebutuhan dekorasi exterior rumah dan juga partisi partisi ruangan pada sektor perhotelan.

Perlu anda ketahui bahwa lapisan lapisan pada triplek umumnya disusun dalam jumlah yang ganjil dengan tujuan untuk membuat konstruksi yang seimbang dan mencegah terjadinya pembelokan material atau sering disebut dengan istilah Warping.

Toleransi Ukuran Triplek

ukuran triplek 1 lembar

Menurut ketetapan internasional, toleransi ukuran untuk triplek jenis softwood adalah 1/32 inci, sedangkan untuk triplek jenis hardwood adalah 1/64 inci.

Sedangkan berdasarkan putusan Panitia Teknis 79-01 hasil hutan kayu dan masukan dari hasil orientasi produk pada perusahaan triplek dilapangan, toleransi mutu dan ukuran triplek sesuai SNI 01-7201-2006 bisa anda lihat pada tabel dibawah ini :

No. Ukuran Toleransi
1. Panjang dan lebar   2,0 mm
2. Tebal : < 4 mm

4 mm sampai < 7 mm

7 mm sampai < 20 mm

20 mm

  0,2 mm

0,3 mm

0,4 mm

0,5 mm

3. Kesikuan (beda diagonal)   3 mm
4. Kelurusan tepi   2 mm

Keterangan :

  • Panjang, ditentukan dari hasil rata-rata dua kali pengukuran antara kedua sisi lebarnya.
  • Lebar, ditetapkan dari hasil rata-rata dua kali pengukuran antara kedua sisi panjangnya.
  • Tebal, ditetapkan dari hasil rata-rata empat kali pengukuran pada keempat sudutnya.
  • Kesikuan, ditetapkan dari hasil selisih dua kali pengukuran panjang diagonalnya.
  • Kelurusan tepi, ditetapkan dengan cara mengukur kedalaman penyimpangan dari garis lurus.

Kegunaan Triplek Dalam Bangunan

Triplek atau sering juga dikenal juga dengan sebutan kayu lapis merupakan lapisan kayu yang memiliki tingkat ketebalan bermacam-macam. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dalam penerapan plywood di kehidupan sehari-hari. Berikut fungsi plywood yang perlu Anda tahu.

  1. Pembuatan Plafon

Tidak jarang orang menggunakan plywood sebagai pelapis atap rumah. Karena bahan tersebut dinilai cukup kokoh dalam melindungi bagian genting dari serangan dunia luar. Namun, plywood rentan terkena bocor ketika musim penghujan tiba. Tetapi bila memilih bahan dengan kualitas terbaik maka dijamin rumah akan baik-baik saja.

  1. Pembuatan Lantai

Rumah atau bangunan yang terkesan kuno kebanyakan memakai plwood sebagai alas berpijaknya. Selain itu, untuk memperkokoh pondasinya Anda dapat memakai bahan lain untuk dikombinasikan. Harga triplek akan terjangkau apabila Anda membelinya dengan porsi yang pas.

  1. Dekorasi Ruangan

Ide dan kreativitas seseorang selalu berkembang tiada henti dan membuahkan hasil dari kerja kerasnya. Termasuk kerajinan dekorasi rumah yang terbuat dari plywood juga banyak diproduksi sebagai hiasan dinding minimalis, penyekat ruangan, rak kitchen set, dll.

  1. Media Pengecoraan

Selain ketiga kegunaan diatas, salah satu fungsi triplek yang sering kita temui adalah sebagai media atau alas yang digunakan para tukang bangunan saat melakukan proses pengecoran rumah. Triplek hardwood sering menjadi pilihan terbaik pada proses dak rumah ini.

Dibutuhkan keahlian dalam membuatnya, akan tetapi bila Anda menggunakan ukuran triplek yang benar maka tidak perlu mempermasalahkannya lagi. Demikianlah serangkaian informasi yang bisa dekorminimalis.com sajikan, semoga bisa menambah wawasan anda sekalian.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang hobi sama vespa dan Desain Interior!

Leave a Reply

Your email address will not be published.