Standar Ukuran Pintu 2 Daun (Kupu Tarung) yang Ideal

Posted on

⏩Temukan berbagai ukuran pintu dua daun minimalis yang ideal untuk rumah anda✔️Cara menentukan ukuran pintu kupu tarung✔️

Pintu rumah dua daun adalah elemen penting dalam desain dan keamanan rumah Anda. Ketika Anda merencanakan untuk memasang atau mengganti pintu rumah, sangat penting untuk memahami berbagai aspek yang dapat memengaruhi ukuran pintu tersebut.

Salah satu aspek penting yang perlu anda tentukan sejak awal adalah ukuran pintu dua daun itu sendiri. Melalui tulisan kali ini, dekorminimalis.com akan kami membahas secara rinci tentang ukuran pintu rumah dua daun meliputi kusen dan juga daun pintu itu sendiri.

Standar Ukuran Pintu Dua Daun

ukuran pintu rumah dua daun

Ukuran pintu dua daun sangatlah bervariasi tergantung luasan rumah, namun standar yang umum digunakan di perumahan Indonesia memiliki lebar 90 – 120 cm dengan tinggi sekitar 210 – 230 cm.

Kemudian untuk ukuran panjang engsel untuk pintu rumah dua daun biasanya berkisar antara 4 hingga 6 inci untuk setiap engsel. Namun, ukuran engsel juga dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran dan berat pintu, material engsel, serta desain pintu itu sendiri.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki pintu yang cukup besar dan berat, Anda mungkin perlu engsel yang lebih panjang, seperti 6 hingga 8 inci, untuk memberikan dukungan yang cukup. Panjang engsel yang lebih besar akan membantu mendistribusikan berat pintu dengan lebih baik.

Ukuran Lebar Pintu Saat Dibuka

Untuk ukuran Lebar pintu buka pada pintu rumah dua daun akan bervariasi tergantung pada desain pintu dan kebutuhan akses yang Anda inginkan. Berikut adalah gambaran umum ukuran lebar pintu buka:

1. Lebar Pintu Buka Standar

Pintu dua daun standar memiliki lebar per daun sekitar 91 hingga 122 cm (36 hingga 48 inci). Jadi, ketika kedua daunnya terbuka, lebar total pintu buka akan berkisar antara 182 hingga 244 cm (72 hingga 96 inci).

2. Lebar Pintu Buka Lebar

Pintu dua daun dengan pintu buka yang lebih lebar dapat memiliki lebar per daun sekitar 152 hingga 183 cm (60 hingga 72 inci), dengan lebar total pintu buka saat kedua daunnya terbuka mencapai 304 hingga 366 cm (120 hingga 144 inci).

Ukuran Kusen Pintu Dua Daun

Ukuran kusen yang sesuai untuk pintu dua daun yang sudah dijelaskan di atas akan tergantung pada ukuran pintu tersebut dan desain pintu yang Anda pilih. Namun, ada beberapa pedoman umum yang dapat membantu Anda menentukan ukuran kusen yang sesuai:

1. Lebar Kusen Pintu Dua Daun

Kusen harus lebih lebar dari lebar keseluruhan pintu dua daun. Ini memberikan ruang yang cukup untuk pemasangan pintu dan engsel. Lebar kusen biasanya sekitar 10 hingga 15 cm lebih lebar daripada lebar pintu.

2. Tinggi Kusen Pintu Dua Daun

Tinggi kusen harus lebih tinggi dari tinggi pintu dua daun. Ini juga memberikan ruang untuk pemasangan dan membuka pintu dengan leluasa. Tinggi kusen biasanya sekitar 5 hingga 10 cm lebih tinggi daripada tinggi pintu.

3. Ketebalan Kusen Pintu Dua Daun

Ketebalan kusen juga perlu dipertimbangkan. Ketebalan kusen harus cukup untuk menopang berat pintu dan memberikan dukungan yang memadai. Ketebalan kusen biasanya sekitar 22,5 hingga 3,8 cm.

Mengapa Menentukan Ukuran Pintu Dua Daun yang Tepat Penting?

pintu rumah dua daun

Pintu rumah dua daun adalah pilihan yang populer untuk rumah-rumah modern. Mereka memberikan tampilan elegan dan memungkinkan akses yang lebih leluasa ke dalam rumah.

Namun, untuk mengoptimalkan ukuran pintu rumah dua daun, Anda perlu memahami mengapa hal ini begitu penting. Berikut adalah beberapa alasan mengapa ukuran pintu rumah dua daun sangat vital:

1. Keselamatan dan Keamanan

Ukuran pintu yang tepat akan memastikan keamanan rumah Anda. Dengan pintu dua daun yang pas, Anda dapat dengan mudah memasukkan atau mengeluarkan barang besar seperti perabot atau barang bawaan besar lainnya. Selain itu, ini juga membuat proses evakuasi dalam situasi darurat menjadi lebih lancar.

2. Estetika

Ukuran yang sesuai akan memberikan tampilan estetis yang memukau pada rumah Anda. Pintu yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat mengganggu proporsi dan estetika keseluruhan rumah Anda. Membeli pintu dengan ukuran yang benar akan meningkatkan daya tarik visual rumah Anda.

3. Kenyamanan

Pintu rumah dua daun yang sesuai ukurannya juga memberikan kenyamanan ekstra. Anda tidak perlu merasa terbatas saat membawa barang besar ke dalam rumah. Ini juga mengoptimalkan sirkulasi udara dan cahaya matahari ke dalam rumah Anda.

Bagaiman Cara Menentukan Ukuran Pintu Rumah Dua Daun yang Tepat?

Menentukan ukuran pintu rumah dua daun yang tepat adalah langkah penting dalam merancang atau mengganti pintu rumah Anda. Berikut adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Lebar Ruangan: Pertimbangkan lebar ruangan tempat pintu akan dipasang. Pastikan pintu dua daun tidak terlalu lebar, sehingga masih ada ruang yang cukup untuk perabot dan sirkulasi.
  2. Tinggi Ruangan: Ukur tinggi ruangan dari lantai hingga langit-langit. Pintu dua daun sebaiknya tidak terlalu tinggi sehingga muat di ruangan Anda. Pastikan untuk memberi cukup ruang di atas pintu untuk pemasangan engsel dan akses yang nyaman.
  3. Fungsi Pintu: Tentukan tujuan dan fungsi pintu dua daun. Apakah ini pintu utama, pintu ke teras, atau pintu ke halaman belakang? Fungsi pintu akan memengaruhi ukuran yang tepat.
  4. Kebutuhan Akses: Pertimbangkan jenis barang yang akan masuk atau keluar dari pintu. Jika Anda sering membawa perabot besar atau peralatan, pertimbangkan lebar yang cukup agar akses lebih mudah.
  5. Desain Pintu: Pilih desain pintu yang sesuai dengan gaya rumah Anda. Desain pintu juga memengaruhi ukuran. Pastikan desain pintu dua daun cocok dengan estetika rumah Anda.
  6. Ukuran Frame Pintu: Pastikan bahwa frame pintu atau kusen yang ada atau yang akan Anda pasang memiliki ukuran yang memadai untuk menopang pintu dua daun yang Anda pilih.
  7. Kemudahan Penggunaan: Pertimbangkan apakah Anda ingin pintu dua daun yang bisa membuka sepenuhnya atau sebagian. Ini akan memengaruhi lebar pintu buka.
  8. Kualitas Konstruksi: Pastikan untuk memilih pintu dua daun yang berkualitas dengan bahan yang kokoh dan tahan lama. Pintu yang kokoh akan membutuhkan kusen yang kuat dan kokoh pula.
  9. Anggaran Anda: Tentukan anggaran Anda untuk pintu dua daun. Ukuran dan desain tertentu mungkin memiliki harga yang berbeda. Sesuaikan pilihan Anda dengan anggaran yang Anda miliki.
Pelajari Juga Katalog Ukuran Lainnya :
Ukuran Plafon PVC Ukuran Pipa PVC
Ukuran Meja Dapur Cor Ukuran Bathub Minimalis

Itulah ulasan mengenai standar ukuran pintu dua daun di Indonesia yang bisa kami paparkan untuk anda. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat menentukan ukuran pintu rumah dua daun yang tepat untuk kebutuhan dan situasi rumah Anda.

Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan seorang profesional atau tukang kayu yang berpengalaman dalam instalasi pintu untuk memastikan bahwa pintu dipasang dengan benar dan sesuai.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *