Plafon PVC: Karakteristik, Motif dan Harga Terbaru 2023

Posted on

Mengenal apa itu Plafon PVC, Karakteristik & plus minusnya⏩ harga plafon PVC per dus /meter disertai gambar contoh motif terbaru 2023⏩

Plafon pada bangunan rumah mempunyai fungsi yang penting. Plafon berperan dalam melindungi interior rumah dari suhu ekstrem, serta sebagai pelindung sistem kelistrikan.

Plafon dengan bahan material satu ini menjadi salah satu jenis plafon yang saat ini banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Penasaran mengenai detail plafon ini ? Berikut kami sajikan detail ulasannya untuk anda.

Apa itu Plafon PVC?

plafon pvc
Plafon PVC

Mungkin sebagian dari anda masih bertanya tanya mengenai apa itu plafon PVC?  Perlu anda ketahui bahwa plafon PVC adalah jenis plafon rumah yang terbuat dari bahan berjenis polimer PolyVinyl Chloride (PVC). Komponen dasar pembuatan plafon PVC ini sama persis dengan komponen pada pembuatan pipa PVC saluran air.

Ditahun 2023 ini, tren penggunaan plavon jenis ini terus mengalami peningkatan. Banyak dari para pemilik hunian minimalis beralih dari plafon jenis triplek ke plafon dengan material Poli Vynil Chloride.

Selain memiliki banyak keunggulan, faktor lain yang menjadikannya terus dipilih ialah karena harga plafon PVC yang relatif murah dibandingkan dengan jenis jenis plafon lainnya. Plafon jenis ini juga sangat cocok untuk konsep rumah kecil minimalis.

Plafon PVC vs UPVC

Mungkin banyak dari teman teman yang masih kebingungan apa sebernya perbedaan plafon PVC dengan UPVC? Guna menjawab pertanyaan tersebut, berikut dekorminimalis.com kupas secara detail apa saja persamaan dan perbedaan antara plafon PVC dengan UPVC.

Persamaan Plafon PVC dan UPVC

Antara UPVC atap dan PVC atap sebenarnya memiliki persamaan sehingga tidak heran bahwa banyak orang awam yang berpikir kedua jenis atap ini adalah satu jenis saja. Adapun persamaannya yaitu:

  1. Tahan terhadap cuaca

Material ini tahan terhadap cuaca dan bahan kimia karena tidak akan mengalami oksidasi. Jadi Anda bisa tenang jika menggunakan kedua jenis atap ini.

  1. Terbuat dari unsur plastik

PVC dan UPVC sama-sama terbuat dari unsur plastik sehingga cukup ringan dibandingkan jenis genteng lainnya. Meski begitu, baik atap UPVC dan PVC sama-sama kuat dan kokoh. Bahkan kedua jenis atap ini bisa bertahan hingga belasan tahun.

  1. Perawatan mudah

Jika menggunakan bahan UPVC maupun PVC untuk genteng rumah, Anda tidak perlu menyediakan biaya perawatan. Adanya lapisan pelindung UV dari atap ini mampu mencegah panas matahari yang membuat warna atap berubah.

Perbedaan Plafon PVC dan UPVC

Setelah mengetahui persamaannya, selanjutnya Anda juga perlu untuk mengetahui perbedaannya. Langsung saja, berikut ini adalah perbedaan kedua jenis atap ini:

  1. PVC lebih banyak bahan aditif

Jenis ini memiliki kandungan bahan aditif yang lebih banyak dibandingkan dengan UPVC atap. Jadi PVC bisa lebih fleksible dibandingkan UPVC, sedangkan UPVC bersifat lebih rigid karena pembentukannya tidak melalui tahap plasticized.

  1. Material UPVC memiliki ketahanan lebih baik

Meskipun sama-sama menggunakan material berupa plastik namun ketahanan dari UPVC lebih baik. Hal ini lantaran UPVC mengandung unsur clorine yang mampu mencegah penyebaran listrik dan api sehingga rumah tidak akan terbakar. Karena hal tersebut tidak heran jika harga atap upvc lebih tinggi, sedangkan harga pvc relatif lebih rendah.

Plafon  PVC lebih murah dibandingkan UPVC karena memang material yang lebih berkualitas UPVC. Namun di pasaran, harga plafon PVC per meter dibedakan berdasarkan jenis, ukuran, dan warnanya.

Karakteristik Plafon PVC

gambar plafon pvc
Gambar plafon pvc

PVC adalah kependekan dari Polyvinyl Chloride, atau lebih banyak dikenal sebagai polimer yang sering dijadikan bahan untuk membuat pipa air.

Bahan ini dapat dijadikan atap interior rumah karena sifatnya yang fleksibel. Plafon jenis ini biasanya dijadikan plafon gantung, yang dapat menghadirkan kesan estetik pada interior rumah.

  1. Sifat Material PVC

PVC plafon tidak terbuat dari bahan yang berpotensi membahayakan lingkungan ataupun kesehatan manusia. Bahan PVC mempunyai cukup banyak kelebihan, dari aspek elastisitas, kekuatan, dan daya tahan. Selain harga plafon PVC yang murah, bahan ini juga tidak mudah mengalami korosi akibat suhu atau air.

  1. Jenis Jenis PVC

PVC plafon ada yang berupa sambungan, ada juga yang polos. PVC yang dibuat dengan panel sambungan terdiri atas batas kecil di bagian tepi yang menyerupai motif pada lapisan kayu.

Adapun PVC yang dibuat dengan panel polos mempunyai permukaan yang rata tanpa motif. Harga plavon PVC beragam jenis ini pun relatif murah. Adapun 2 jenis plafon PVC yang perlu anda ketahui diantaranya :

    • PVC Berongga

Plafon PVC berongga juga dikenal dengan nama twinwall. Jenis ini memiliki dua warna yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu semi transparan dan solid. Jika ingin pencahayaan yang alami maka Anda bisa memilih warna semi transparan.

Warna ini mampu menghantarkan sebanyak 20% cahaya alami untuk masuk. Harga atap upvc per meter jenis ini lebih mahal dibanding jenis satunya.

    • PVC Singlewall

Jenis selanjutnya adalah type singlewall yang hanya memiliki satu layer sehingga lebih ringan dibandingkan twinwall. Sama seperti jenis sebelumnya, atap upvc alderon jenis ini juga mampu meredam panas, suara, dan juga anti karat. Untuk warnanya sendiri ada tiga pilihan yaitu soft blue, opaque white, dan juga lite grey.

Yang namanya sebuah produk pasti mempunyai paket kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali pada plafon rumah yang satu ini. Meskipun dibekali dengan beragam kelebihan dan keunggulan, plafon Poly Vinyl Chloride ini tentunya juga memiliki kelemahan dibandingkan plafon jenis lainnya.

Kelebihan & Kekurangan Plafon PVC

Apakah plafon PVC itu bagus? Jika dibandingkan dengan penggunaan plafon triplek, kalsiboard, dan juga gypsum, plafon PVC tentunya yang paling bagus karena material ini memiliki sifat tahan terhadap air dan bisa di cat (diberi warna) sesuai selerera kita masing masing.

Selain keunggulan diatas, plafon yang terbuat dari bahan material ini mempunyai beberapa kelebihan lainnya dibandingkan plafon dari bahan lain. Berikut beberapa kelebihan plafon jenis ini yang perlu diketahui.

Keunggulan :

  • Ragam Motif dan Warna

Kelebihan selanjutnya adalah tersedia dalam beragam motif dan warna. Banyaknya pilihan motif tentu akan lebih memudahkan Anda untuk menyesuaikan plafon dengan hiasan interior lain. Anda juga bisa memilih plafon sesuai warna favorit.

  • Bahan Berkualitas Tinggi

PVC adalah bahan yang tahan air dan tahan korosi. Bahan ini juga relatif ringan, dan pada beberapa kasus terbukti tahan api. Anda tidak perlu khawatir material PVC ini akan cepat lapuk, karena PVC tahan dari rayap sehingga dapat memperpanjang usia atap interior rumah anda.

  • Mudah dalam Pemasangan dan Perawatan

Karena bahannya yang ringan, cukup mudah untuk cara pasang plafon PVC. Dari segi perawatan pun, plafon ini tidak membutuhkan perlakuan khusus. Tidak perlu juga mengeluarkan biaya lebih guna perawatan jangka panjang.

  • Ramah lingkungan

Karena tidak mengandung unsur BPA yang berbahaya bagi tubuh manusia, jenis UPVC lebih ramah lingkungan. Jadi Anda bisa menggunakannya tanpa takut mendapatkan bahaya dari unsur yang digunakan.

  • Nyaman digunakan

Atap jenis ini sangat nyaman untuk digunakan karena mampu melindungi rumah dari sinar matahari dengan baik. Karena hal tersebut ruangan di rumah tidak akan panas dan malah sebaliknya bisa lebih teduh dan nyaman. Ukuran upvc juga beragam sehingga bisa disesuaikan.

  • Tidak mudah berkarat

Ketika menggunakan atap ini, Anda pasti takut atap jenis ini akan mengalami korosi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bahan UPVC tidak mudah berkarat. Jadi atap bisa bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Itulah kelebihan dari atap jenis ini, selanjutnya ketahui juga kekurangannya agar Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan material atap tersebut. Untuk kekurangannya sendiri ada pada harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan PVC meskipun ukuran keduanya pada umumnya sama.

Kekurangan :

Terlepas dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan plafon dari material ini, ada pula kekurangannya yang perlu diatasi sehingga tidak sampai menimbulkan permasalahan. Berikut beberapa kekurangan plafon jenis ini yang perlu diketahui.

  • Material Cukup Tipis

Karena sangat ringan, bahan PVC tergolong cukup tipis sehingga jika tidak berhati-hati dalam penanganannya bisa menyebabkan kerusakan. Cara pasang plafon ini harus sesuai dengan petunjuk yang ada guna menghindari kerusakan pada atap interior rumah anda.

  • Harga Relatif Mahal

Harga plafon PVC dapat dikatakan relatif mahal. Hal ini karena PVC adalah bahan berkualitas tinggi yang dibuat dengan proses cukup rumit. Belum lagi biaya pemasangan yang tidak sedikit, akan semakin menambah budget.

  • Tidak Dapat Dicat

Kekurangan plafon jenis ini yang cukup mengganggu adalah tidak dapat dicat. Plafon dari bahan material ini telah didesain dengan beraneka ragam motif, tapi tidak dapat dicat ulang. Sehingga jika suatu saat Anda bosan dan menginginkan warna atau motif baru, maka harus mengganti plafon secara keseluruhan.

Daftar Harga Plafon PVC

harga plafon pvc

Harga plafon PVC cukup bervariasi tergantung merk, motif, serta luas. Umumnya plafon dijual per lembar. Harga plafon PVC per lembar disesuaikan dengan ukuran, biasanya menggunakan hitungan luas per meter persegi. Selain itu, harga juga dipengaruhi oleh ketebalan plafon.

Harga Plafon PVC Per Lembar

Jenis Ukuran Harga/ Lembar
PVC Motif Nusahome 20 cm x 30 cm Rp 46.150
PVC Upton UP-315 20 cm x 30 cm Rp 13.500
PVC Plafonesia Stamping 7mm 4 m x 20 cm Rp 60.800
PVC Serat Kayu Modern 8mm 4 m x 20 cm Rp. 56.750
PVC Kangbang 8mm 10 cm x 20 cm Rp 9.00
Shunda Plafon KK 8mm 20 cm x 8 cm Rp 27.200
Shunda Chessboard Pattern 7mm 20 cm x 4m Rp 27.950
PVC Wifon 7mm 20 cm x 3 m Rp 24.050
Gloss Brown Leaf 8mm 20 cm x 4 m Rp 29.500
PVC Natapon 7mm 1 m x 20 cm Rp 19.200
Shunda White Glossy KU26503 Tebal 8 mm Rp 24.650
Shunda White Glossy KU25003 Tebal 8 mm Rp 25.500
Shunda Chessboard Pattern PL2507 Tebal 7 mm Rp 27.700
PVC Wifon 20 cm x 3-5 m x 7 mm Rp 18.650
Kingfon K902 Lebar 30 cm, Tebal 8 mm Rp 23.650
Kingfon K9208 Lebar 30 cm, Tebal 8 mm Rp 26.650
PVC Gloss White Lebar 20 cm, Tebal 8 mm Rp 23.650
PVC  Doff White Lebar 20 cm, Tebal 8 mm Rp 23.650
Gloss White Bubble Lebar 20 cm, Tebal 8 mm Rp 29.650
Gloss Brown Leaf Lebar 20 cm, Tebal 8 mm Rp 29.650
Drain Gloss Brown Wood Grain Lebar 20 cm, Tebal 8 mm Rp 24.650
Lis Pvc 4 meter Rp 13.950
Alderon Upvc Berrongga 10mm White 885x40x2000 Rp. 145.750
Alderon RS Greca White Single Wall 1.2x760x1800 Rp. 80.400
Alderon RS Greca Lite Gey Single Wall 1.2x760x2100 Rp. 94.650
Alderon RS Greca White Single Wall 1.2x760x2100 Rp. 94.500
Alderon RS Greca Lite Gey Single Wall 1.2x760x2400 Rp.  107.850
Alderon RS Greca White Single Wall 1.2x760x2400 Rp. 107.950
Alderon RS Greca Lite Gey Single Wall 1.2x760x3000 Rp. 134.800
Alderon RS Greca White Single Wall 1.2x760x3000 Rp. 134.950
Alderon RS Greca Lite Gey Single Wall 1.2x760x4000 Rp. 179.700
Alderon RS Greca White Single Wall 1.2x760x4000 Rp. 179.850
Alderon RS Greca Lite Gey Single Wall 1.2x760x5000 Rp. 224.900
Alderon RS uPVC Single Layer 1.2mm 760x17x2000 Rp. 52.750
Alderon RS Trimdeck Blue & white 1.2mm 760x17x2000 Rp. 61.500

Harga Plafon PVC Per Dus

Merk Satuan Harga
PVC Golden 4×20 cm 1 Dus (15 Lembar) Rp 195.000
Nusahome 4×20 cm 1 Dus (15 Lembar) Rp 232.500
Plafonesia 1m x 20 cm 1 Dus (15 Lembar) Rp 300.500
PVC Elite 1m x 20 cm 1 Dus (15 Lembar) Rp 329.000
Evo 4M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 1,450,000
Evo 6M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 2,250,000
Shunda 4M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 2,150,000
Shunda 5M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 2,640,000
Wifon 4M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 1,490,000
Wifon 6M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 2,190,000
Javafon 4M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 1,660,000
Javafon 6M1 1 Dus(15 Lembar) Rp. 2,470,000

Harga Plafon PVC Per Meter

Jenis Satuan Harga
Evo Plafon R.30 8 mm Meter Rp. 20,500
Evo Plafon R.31 8 mm Meter Rp. 21,500
Evo Plafon R.32 8 mm Meter Rp. 22,000
Shunda Plafon K.901/M1 8 mm Meter Rp. 27,000
Shunda Plafon K.903/M1 8 mm Meter Rp. 27,000
Shunda Plafon K.904/M1 8 mm Meter Rp. 27,000
Shunda Plafon K.9151/M1 8 mm Meter Rp. 29,000
Shunda Plafon MU.30068/M1 Meter Rp. 38,000
Shunda Plafon PL.08.019/M1 8 mm Meter Rp. 38,500

Harga List Plafon PVC

Spesifikasi Harga
List Plafon Pvc CP Coklat Rp. 15.450
List Plafon Pvc EX. J. Wood Rp. 15.450
List Plafon Pvc Jointer White Rp. 18.450
List Plafon Pvc MP Wood Rp. 18.450
List Plafon Pvc CP Black Flower Rp. 14.450
List Plafon Pvc CP Wave Rp. 15.450
List Plafon Pvc MP White Rp. 18.450
List Plafon Pvc CPB White Rp. 14.450
List Plafon Pvc CPB Gold Rp. 14.450
List Plafon Pvc CPB Diamond Rp. 14.450
List Plafon Pvc CP Silver Flower Rp. 14.450

Harga Borongan Jasa Pasang Plafon PVC

Detail Satuan Harga
Evo Plafon M2 Terpasang Rp 260.000
Shunda Plafon M2 Terpasang Rp 305.000
Javafon Plafon M2 Terpasang Rp 250.000
PVC Standard M2 Terpasang Rp 235.000
Unifon Plafon M2 Terpasang Rp 255.000
Kangmbang Plafon M2 Terpasang Rp 245.000
Indahfon Plafon M2 Terpasang Rp 249.000
Newfon Plafon M2 Terpasang Rp 251.000
Wifon Plafon M2 Terpasang Rp 248.000
Upton Plafon M2 Terpasang Rp 239.000
Ovofon Plafon M2 Terpasang Rp 247.000

Contoh Gambar Motif Plafon PVC

Plafon jenis ini mempunyai beberapa model yang dapat mempercantik tampilan interior rumah. Maka, tidak heran jika plafon jenis ini banyak diminati, baik untuk hunian pribadi, maupun langit-langit bangunan umum. Berikut beberapa motif plafon pvc minimalis tren 2023 plafon dari material kekinian ini.

  • Plafon PVC Motif Garis
Plafon PVC Motif Garis
Gambar Plafon PVC Motif Garis

Model plafon dengan motif garis cukup umum ditemukan. Motif garisnya bisa berupa hologram wood, line, serta hybrid dengan aneka warna seperti silver dan red-preach. Plafon ini dijual dengan harga plafon PVC per lembar yang bervariasi.

  • Plafon PVC Motif Kayu
Plafon PVC Motif Kayu
Gambar Plafon PVC Motif Kayu

Model plafon motif kayu mengombinasikan warna dan bentuk untuk menghadirkan tampilan natural yang klasik dan estetik. Dengan menggunakan plafon motif kayu ini, suasana rumah anda akan semakin terlihat vintage dan classic namun tetap menampilkan kesan modern.

  • Motif Plafon PVC Minimalis
Plafon PVC Minimalis
Gambar Plafon PVC Minimalis

Nampak jelas desain plafon pvc minimalis diatas sangat sederhan namun tetap elegan. Dengan alas berwarna cokelat dihiasi ornamen ornamen hitam yang dipertegas dengan adanya lampu sorot LED membuat plafon tersebut nampak keren.

  • Motif Plafon PVC Modern
Plafon PVC Modern
Gambar Plafon PVC Modern

Dengan memanfaatkan background yang putih dan bersih dengan hiasan lampu lampu minimalis membuat atap plafon yang satu ini memiliki nilai modern yang tinggi. Model plafon modern ini cocok anda aplikasikan pada ruang tamu anda.

  • Plafon PVC Motif Teksture Klasik
Plafon PVC Motif Klasik
Gambar Plafon PVC Motif Klasik

Untuk anda penggemar nuansa klasik, plafon berikut ini bisa anda jadikan alternatif terbaik pada rumah anda. Balutan hiasan coreatan nuansa klasik yang mengelilingi semua sisi plafon membuat tampilan atap ruma handa kian cantik dan menawan.

  • Plafon PVC Motif Vintage
Plafon PVC Motif Vintage
Gambar Plafon PVC Motif Vintage

Desain vintage sepertinya memang yang paling hits di tahun 2023 ini. Terlihat kombinasi warna dan bentuk plafon yang menggambarkan sisi vintage membuat suasana rumah semakin tenang dan hangat.

  • Plafon PVC Teksture Mozaik
Plafon PVC Mozaik
Gambar Plafon PVC Mozaik

Untuk anda yang menyukai model model plafon PVC unik, plafon dengan teksture mozaik ini bisa anda jadikan alternatif terbaik. Memadukan dua warna putih yang berbeda dengan garis garis hitam yang tegas membuat plafon mozaik ini layak anda jadikan pilihan.

  • Plafon PVC Tekstur Gambar
Plafon PVC Tekstur Gambar
Gambar Plafon PVC Tekstur Gambar

Pemilihan plafon dengan motif gambar mungkin tidak menjadi selera untuk setiap orang. Namun jika pemilihan material, pencahayaan, serta pemilihan gambar yang pas, anda pasti akan mendapatkan plafon PVC bergambar yang menarik dan keren.

  • Motif Plafon PVC Abstrak
Plafon PVC Abstrak
Gambar Plafon PVC Abstrak

Seperti halnya plafon pvc dengan hiasan gambar, penggunaan plafon rumah dengan motif abstrak sepertinya juga tidak semua orang menyukainya. Namun jika anda lihat pada contoh gambar diatas, nilai seni plafon sangat terlihat dari susunan susunan bagan abstrak yang dipadukan dengan warna putih yang elegan.

  • Plafon PVC Motif Awan

Plafon pvc motif awan transparan

plafon pvc motif awan 4

plafon pvc motif awan 5

plafon pvc motif awan 3

plafon pvc motif awan 2
Gambar plafon pvc motif awan

Plafon model bening motif langit langit sepertinya juga menjadi topik pembicaraan yang hangat di tahun 2023 ini. Terlihat pada gambar plafon PVC motif awan diatas yang menampilkan gambar gambar langit yang menghiasi atap rumah.

Kekurangan menggunakan plafon PVC motif awan seperti yang terlihat pada gambar diatas adalah anda harus rajin membersihkannya, karena jika kotor akan sangat terlihat dan mengurangi estetika.

Cara Pasang Plafon PVC

YouTube player

Sumber : Channel Dunia Plafon

Memasang plafon jenis PolyVinyl Chloride adalah perkara yang gampang gampang susah. Sebagaian orang menyerahkan pemasangan plafon kepada para ahilnya, namun tak sedikit juga yang memutuskan untuk memasang plafon rumah sendiri tanpa bantuan tukang plafon.

Penasaran bagaimana caranya ? Silahkan anda simak pada video yang kami sajikan diatas. Ada 5 langkah dasar yang harus anda lakukan jika ingin memasang plafon PVC sendiri dirumah. Untuk lebih jelasnya berikut kami paparkan ulasannya :

  1. Siapkan semua peralatan dan bahan yang diperlukan seperti Pisau/ Cutter, Bor, Gerinda, Palu, Meteran, dan juga yang lainnya. Untuk bahan seperti papan PVC, Besi Hollow, Sekrup, Lem silicon dan juga Lis PVC.
  2. Mulai dengan pemasangan rangka plafon. Pada tahap awal lakukan penandaan ketinggian dan juga di sekeliling ruangan yang akan di pasang plafon menggunakan waterpass atau selang air supaya simetris. Pada proses penandaan ini jangan sampai berada pada ring balok karena material ring balok tentunya sangat keras untuk kita beri paku.
  3. Memasang list PVC pada tembok sebelum anda melakukan proses penutupan papan PVC supaya nantinya tidak mengalami kesulitan saat pemasangan list nya. Hal ini berbanding terbalik dengan pemasangan list pada plafon gypsum yang dilakukan sebelum penutupan rangka plafon
  4. Pemasangan Papan PVC. Setelah ketiga proses diatas selesai, silahkan anda lanjutkan dengan memasang papan PVC menggunakan sekrup dan bor yang telah anda siapkan. Proses pemasangan ini bisa anda lakukan dengan memasang satu lembar demi satu lembar melalui salah satu sudut tembok secara berurutan. Anda bisa memasukkan papan ini kedalam list profil PVC yang sudah anda siakpan pada langkah 3 tadi. Gunakan sekrup pada bagian sisi papan yang menempel pada list profil.
  5. Finishing dan Pengecekan. Setelah semua papan PVC terpasang pada plafon rumah anda, selanjutnya adalah proses finishing dan checking. Lakukan pengecekan pada tiap tiap sekrup pengikat apakah ada yang kendor/ pecah. Setelah diyakini sudah beres semua, anda tinggal membersihkan plafon dan sisa sisa potongan sampah dalam pemasangan.

Tips Memilih Merk Plafon PVC Berkualitas

Ada beberapa merk plafon PolyVinyl Chloride yang cukup terkenal dengan kualitas terbaik. bahan PVC yang berkualitas dapat bertahan untuk jangka waktu lama. Seperti contohnya, shunda plafon PVC. Merk satu ini ini mempunyai beragam produk dengan beragam model.

Merk plafon pvc terbaik akan selalu menjaga mutu karena dibuat dari bahan pilihan yang diseleksi dengan ketat, serta dibuat oleh tenaga ahli yang telah berpengalaman. Shunda plafon merupakan salah satu merk plafon yang terbuat dari bahan unggul dengan banyak kelebihan.

Selain merk shunda plafon yang sudah tidak asing lagi kita dengar, terdapat beberapa merk plavon pvc terbaik lainnya seperti Kingfon, Nusahome, Wifon, Denta, Anda Plavon, Warren, Golden Crown.

Itulah hal-hal seputar harga plafon PVC yang perlu diketahui. Selain karena tampilannya yang artistik, plafon ini juga terbuat dari bahan material yang aman digunakan pada bangunan rumah. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini kian banyak bangunan yang menggunakan plafon dari bahan material yang satu ini.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang hobi sama vespa dan Desain Interior!

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *