Mebel: Pengertian, Fungsi, Contoh Model yang Trend 2024

Posted on

⏩Mebel adalah?✔️ Pelajari segala hal tentang apa itu Meubel✔️ Pengertian✔️ Fungsi✔️ Jenis✔️ Contoh model yang trend 2024✔️

Apakah Anda ingin mempercantik rumah Anda dengan furnitur yang indah dan fungsional? Atau mungkin Anda tertarik untuk memahami lebih dalam mengenai industri mebel yang terus berkembang?

Tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci dan jelas tentang apa itu mebel, jenis-jenisnya, serta manfaat yang mereka tawarkan berdasarkan pengalaman kami selama terjun di usaha desain interior.

Apa itu Mebel?

mebel adalah

Secara umum, arti mebel adalah perabot yang digunakan untuk mengisi dan mempercantik ruang di rumah, kantor, atau area lainnya. Mebel bisa berupa berbagai macam barang, mulai dari kursi, meja, lemari, hingga tempat tidur dan sofa.

Mereka tidak hanya berfungsi untuk memberikan kenyamanan, tetapi juga menjadi bagian penting dalam estetika dan desain interior.

Secara bahasa, kata “mebel” berasal dari bahasa Prancis,  yaitu “meuble” yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi “movable” (1520–30 Masehi) yang berarti barang-barang yang dapat dipindahkan.

Mebel dapat terbuat dari berbagai macam bahan, seperti kayu, logam, plastik, dan kain, yang diolah dengan keterampilan tukang kayu dan perajin profesional.

Selain menyebut dengan istilah mebel, sebagian masyarakat mungkin juga familiar dengan kata ‘meubel’, lalu manakah yang benar meubel atau mebel?

Kedua kata “meubel” dan “mebel” sebenarnya merupakan bentuk yang benar dalam bahasa Indonesia. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, kata “mebel” lebih umum digunakan dan lebih dikenal oleh banyak orang.

Jadi, Anda dapat menggunakan kata “mebel” untuk merujuk pada perabot atau furnitur. Lalu apa bedanya mebel dengan furniture?

“Mebel” dan “furniture” adalah dua kata yang merujuk pada hal yang sama, yaitu perabot. “Mebel” adalah kata serapan dari bahasa Belanda yang telah lama digunakan dalam bahasa Indonesia untuk merujuk pada perabot atau furnitur.

Sementara itu, “furniture” adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki makna yang sama dengan “mebel”. Kata “furniture” sering digunakan dalam konteks internasional atau saat berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Secara substansial, tidak ada perbedaan mendasar antara “mebel” dan “furniture” dalam hal arti atau referensi. Keduanya merujuk pada barang-barang seperti meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya yang digunakan dalam dekorasi dan pengaturan ruangan.

Sejarah Perkembangan Mebel

Mebel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia selama berabad-abad. Dari era kuno hingga zaman modern, perkembangan mebel mencerminkan perubahan dalam budaya, teknologi, dan kebutuhan manusia.

Adapun sejarah perkembangan mebel bisa teman teman simak secara rinci melalui ulasan dibawah ini.

  • Mebel dalam Zaman Kuno: Fungsionalitas dan Kekayaan

Zaman kuno melihat mebel sebagai simbol status dan kekayaan. Mesir kuno menciptakan mebel dari kayu, kulit, dan logam untuk keperluan praktis dan sebagai lambang kelas sosial. Bangsa Romawi juga menghargai mebel mewah dalam ruang istana mereka.

  • Abad Pertengahan: Kebutuhan Praktis dan Gaya Gotik

Abad pertengahan menekankan fungsionalitas dan kebutuhan praktis dalam mebel. Era Gotik memberikan pengaruh besar dengan mebel berukir rumit, menggambarkan tema agama dan mitologi.

  • Renaisans dan Era Barok: Karya Seni dalam Mebel

Renaisans membawa penekanan pada seni dan keindahan dalam mebel. Gaya Barok kemudian menghadirkan mebel megah dengan ornamen yang rumit, mencerminkan kebesaran dan kemakmuran.

  • Mebel di Abad Pencerahan: Fungsionalitas Universal

Abad Pencerahan melihat munculnya gagasan tentang fungsionalitas universal. Mebel mulai dirancang dengan pertimbangan ergonomi, memenuhi kebutuhan orang banyak.

  • Abad ke-19: Revolusi Industri dan Kesenjangan Sosial

Revolusi Industri membawa perubahan besar dalam produksi mebel. Mebel massal menjadi lebih terjangkau, tetapi kesenjangan sosial juga terlihat dalam desain dan kualitas mebel.

  • Mebel Abad 20: Pemahatan Modern dan Desain Ergonomis

Abad ke-20 menyaksikan perkembangan desain modern dan minimalistis. Gaya Art Deco dan Bauhaus mengedepankan fungsi dan bentuk yang sederhana, sementara desain ergonomis semakin penting dalam mebel.

  • Zaman Kontemporer (Saat ini): Mebel Digital dan Keberlanjutan

Teknologi digital telah mempengaruhi produksi dan desain mebel kontemporer. 3D printing dan material ramah lingkungan menjadi fokus dalam menciptakan mebel yang inovatif dan berkelanjutan.

Fungsi Mebel

mebel

Fungsi mebel sangat luas dan beragam, lebih dari sekadar perabotan biasa. Mereka tidak hanya memenuhi kebutuhan praktis, tetapi juga berkontribusi pada estetika, kenyamanan, dan interaksi sosial dalam ruangan.

Dengan peran yang begitu penting, mebel menjadi elemen yang tak tergantikan dalam menciptakan ruang yang berfungsi dengan baik dan menggambarkan kepribadian kita. Secara jelasnya silahkan teman teman simak beragam fungsi mebel dibawah ini:

1. Fungsi Primer Mebel: Kebutuhan Fungsional
Fungsi utama mebel adalah memenuhi kebutuhan fungsional kita. Misalnya, kursi untuk duduk, meja untuk bekerja, dan tempat tidur untuk beristirahat. Mebel menjawab tuntutan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

2. Fungsi Estetika: Menciptakan Keindahan Visual
Mebel juga berperan dalam menciptakan estetika dan keindahan dalam ruangan. Desain, warna, dan bentuk mebel dapat memberikan nuansa dan suasana yang unik, meningkatkan keindahan visual ruang.

3. Fungsi Ergonomis: Kenyamanan dan Kesehatan Pengguna
Aspek ergonomis dalam desain mebel penting untuk kenyamanan dan kesehatan pengguna. Mebel yang dirancang dengan baik dapat mengurangi ketegangan fisik dan memberikan dukungan postur yang baik.

4. Fungsi Penyimpanan: Mengatur dan Merapikan Ruang
Lemari, rak, dan laci adalah contoh mebel penyimpanan yang membantu mengatur dan merapikan ruangan. Fungsi ini penting untuk menjaga kebersihan dan kerapihan.

5. Fungsi Ruang: Membagi dan Membatasi Area
Mebel juga digunakan untuk membagi dan membatasi area dalam ruangan. Pemisahan antara ruang tidur dan ruang tamu, misalnya, dapat dicapai dengan penggunaan mebel seperti partisi atau rak dinding.

6. Fungsi Ekspresi Pribadi: Menunjukkan Identitas
Pemilihan mebel juga dapat menjadi bentuk ekspresi pribadi. Gaya, warna, dan jenis mebel yang dipilih dapat mencerminkan kepribadian dan preferensi penghuni.

7. Fungsi Sosial: Menciptakan Ruang Interaksi
Beberapa mebel, seperti sofa atau meja makan, berfungsi sebagai pusat interaksi sosial. Mereka menciptakan ruang untuk berkumpul, berbicara, dan berbagi momen bersama.

8. Fungsi Perubahan: Menyesuaikan dengan Kebutuhan
Mebel dapat diatur ulang atau diubah fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, tempat tidur lipat atau meja lipat memungkinkan penggunaan ruang yang lebih efisien.

9. Fungsi Representasi Budaya: Mewakili Tradisi dan Nilai
Mebel juga dapat mewakili tradisi, budaya, dan nilai-nilai tertentu. Mebel tradisional atau seni rupa dalam desain mebel dapat menjadi cara untuk mempertahankan dan menghormati warisan budaya.

Contoh Macam Macam Mebel

Dalam dunia desain interior, terdapat berbagai macam mebel yang memiliki fungsi dan gaya desain yang berbeda-beda. Berikut adalah 10 contoh macam-macam jenis mebel yang sedang trend (populer) ditahun 2024:

1. Sofa Minimalis

mebel sofa
Contoh gambar mebel sofa
  • Deskripsi: Sofa minimalis merupakan sofa dengan desain sederhana dan clean, sering kali menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige. Material rangka yang digunakan biasanya kayu atau logam.
  • Fungsi: Sebagai tempat duduk yang nyaman dan estetis dalam ruang tamu atau area duduk lainnya.
  • Model Terkini: Sofa minimalis dengan desain modular yang dapat disesuaikan dengan ruang dan kebutuhan.

2. Meja Makan Industri

mebel meja makan
Contoh gambar mebel meja makan
  • Deskripsi: Meja makan industri memiliki tampilan yang kasar dengan material logam dan kayu yang dicampur. Biasanya memiliki detail seperti roda atau aksen pipa.
  • Fungsi: Tempat makan bersama keluarga atau teman dengan gaya yang kasual dan modern.
  • Model Terkini: Meja makan dengan gaya industri yang lebih ringan dan terkesan minimalis.

3. Lemari Pakaian Walk-in

mebel lemari walk in
Contoh gambar mebel lemari dinding
  • Deskripsi: Lemari pakaian walk-in adalah lemari besar dengan ruang yang cukup untuk berjalan di dalamnya. Biasanya memiliki rak, gantungan, dan laci untuk menyimpan pakaian dan aksesori.
  • Fungsi: Menyimpan dan mengatur pakaian, sepatu, dan aksesori dengan rapi dan efisien.
  • Model Terkini: Lemari walk-in dengan desain yang lebih terorganisir dan sistem penyimpanan yang pintar.

4. Rak Dinding Geometris

mebel rak dinding
Contoh gambar mebel rak dinding
  • Deskripsi: Rak dinding geometris memiliki bentuk dan pola yang unik, sering kali terinspirasi oleh bentuk geometri seperti segitiga atau heksagon.
  • Fungsi: Menampilkan barang-barang dekoratif atau buku dengan tampilan artistik.
  • Model Terkini: Rak dinding geometris dengan kombinasi material seperti kayu, logam, dan kaca.

5. Kursi Gantung

mebel kursi gantung
Contoh gambar mebel kursi gantung
  • Deskripsi: Kursi gantung adalah kursi yang digantungkan dengan rantai atau tali, memberikan sensasi santai dan nyaman.
  • Fungsi: Tempat duduk yang cocok untuk bersantai atau membaca buku.
  • Model Terkini: Kursi gantung dengan desain modern dan variasi bentuk yang beragam.

6. Meja Samping Live-Edge

mebel meja
Contoh gambar mebel meja
  • Deskripsi: Meja samping live-edge memiliki permukaan yang tetap mempertahankan bentuk alami kayu, termasuk bentuk pinggiran.
  • Fungsi: Meja kecil untuk meletakkan barang-barang seperti lampu, buku, atau minuman.
  • Model Terkini: Meja samping dengan kombinasi live-edge dan material lain seperti logam atau kaca.

7. Tempat Tidur Canopy

mebel tempat tidur
Contoh gambar mebel tempat tidur
  • Deskripsi: Tempat tidur canopy memiliki empat tiang penyangga dan kadang-kadang dilengkapi dengan kain yang tergantung untuk menciptakan suasana yang elegan dan mewah.
  • Fungsi: Tempat tidur yang memberikan sentuhan romantis dan mewah dalam kamar tidur.
  • Model Terkini: Tempat tidur canopy dengan desain yang lebih sederhana dan modern, tetapi tetap mempertahankan unsur elegan.

8. Rak Buku Floating

mebel rak buku malayang
Contoh gambar mebel rak buku
  • Deskripsi: Rak buku floating adalah rak dinding yang terlihat mengambang di atas dinding tanpa dukungan yang terlihat.
  • Fungsi: Menyimpan dan menampilkan buku-buku dan objek dekoratif dengan gaya yang unik.
  • Model Terkini: Rak buku floating dengan desain minimalis dan kombinasi warna yang kontras.

9. Meja Konsol

mebel meja konsol
Contoh gambar mebel meja rias
  • Deskripsi: Meja konsol adalah meja ramping yang sering ditempatkan di dekat dinding, biasanya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan dekorasi atau barang-barang kecil.
  • Fungsi: Meletakkan dekorasi, cermin, atau kunci di pintu masuk.
  • Model Terkini: Meja konsol dengan detail ukiran atau aksen metalik yang terinspirasi dari gaya vintage.

10. Bangku Penyimpanan

mebel bangku penyimpanan
Contoh gambar mebel rak penyimpanan
  • Deskripsi: Bangku penyimpanan adalah bangku yang memiliki ruang penyimpanan di dalamnya, sering kali dengan penutup yang dapat diangkat.
  • Fungsi: Tempat duduk tambahan dan penyimpanan yang praktis di area seperti ruang keluarga atau kamar tidur.
  • Model Terkini: Bangku penyimpanan dengan desain multifungsi, seperti bangku lipat atau dengan tambahan ruang penyimpanan terpisah.

Dengan mempertimbangkan berbagai macam mebel dan tren terkini, Anda dapat menciptakan ruang yang fungsional dan menarik secara visual sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda.

Jenis Jenis Material Mebel

Dalam industri mebel, pemilihan material yang tepat dapat memengaruhi kualitas dan keawetan produk. Berikut adalah berbagai jenis material mebel yang umum digunakan di Indonesia maupun luar negri beserta kelebihan dan kekurangannya:

Jenis Material Kelebihan Kekurangannya
Kayu Solid – Kekuatan dan tahan lama – Rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban
– Estetika alami
Veneer – Tampilan kayu solid dengan biaya lebih terjangkau – Rentan terhadap goresan dan aus
– Stabil terhadap perubahan lingkungan
Particle Board – Biaya produksi rendah – Tidak tahan terhadap kelembaban
– Presisi tinggi – Kurang tahan terhadap deformasi
MDF – Permukaan halus – Tidak sekuat kayu solid
– Cocok untuk pewarnaan
Logam – Kekuatan dan daya tahan tinggi – Berat dan kurang nyaman
– Tampilan modern dan industri
Plastik – Biaya produksi rendah – Kurang tahan lama
– Tahan terhadap kelembaban
Kaca – Tampilan elegan dan transparan – Rentan terhadap goresan dan pecah
Keramik – Tahan terhadap goresan dan suhu tinggi – Rentan terhadap pecahan
PVC – Tahan terhadap cuaca dan kelembaban – Rentan terhadap suhu tinggi dan api
Triplek – Biaya rendah dan kuat – Rentan terhadap air dan kelembaban

Keterangan:

  • Kayu Solid/ Jati

Kayu solid merupakan bahan baku utama yang telah lama digunakan dalam pembuatan mebel. Jenis kayu yang sering digunakan antara lain kayu jati, oak, maple, cherry, dan walnut.

Kelebihan utama dari kayu solid adalah kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Kayu solid juga memberikan estetika alami dan tampilan yang elegan pada mebel. Namun, kayu solid rentan terhadap perubahan suhu dan kelembaban, sehingga memerlukan perawatan khusus agar tidak mengalami deformasi.

  • Lapisan Kayu atau Veneer

Lapisan kayu atau veneer adalah lembaran tipis kayu yang ditempelkan pada permukaan mebel. Kelebihan utama dari veneer adalah kemampuannya untuk memberikan tampilan kayu solid dengan biaya yang lebih terjangkau.

Veneer juga lebih stabil terhadap perubahan lingkungan dibandingkan kayu solid. Namun, lapisan veneer cenderung lebih rentan terhadap goresan dan aus seiring waktu.

  • Partikel Board

Partikel board atau sering disebut particle board merupakan material yang terbuat dari serbuk kayu yang diikat dengan perekat.

Kelebihan partikel board adalah biaya produksi yang rendah dan kemampuan untuk diolah dengan presisi tinggi. Namun, partikel board kurang tahan terhadap kelembaban dan tidak memiliki daya tahan seperti kayu solid.

  • Medium Density Fiberboard (MDF)

MDF merupakan jenis material yang mirip dengan partikel board, tetapi lebih padat dan tahan terhadap deformasi.

Kelebihan MDF adalah permukaannya halus, sehingga cocok untuk diwarnai atau dihias. Namun, MDF juga rentan terhadap kelembaban dan tidak sekuat kayu solid.

  • Logam

Beberapa mebel juga menggunakan material logam seperti besi atau aluminium. Kelebihan logam adalah kekuatan dan daya tahan yang tinggi, serta kemampuannya untuk memberikan tampilan modern dan industri pada mebel.

Namun, logam cenderung berat dan mungkin kurang nyaman untuk beberapa jenis mebel.

  • Plastik

Plastik sering digunakan dalam mebel modern karena biaya produksi yang rendah dan kemampuannya untuk diolah dalam berbagai bentuk.

Kelebihan plastik adalah tahan terhadap kelembaban dan ringan. Namun, mebel plastik mungkin kurang tahan lama dibandingkan material lain.

  • Kaca

Kaca digunakan pada mebel untuk memberikan tampilan yang elegan dan transparan. Kelebihan kaca adalah tampilannya yang estetis dan kemampuan untuk memantulkan cahaya. Namun, kaca rentan terhadap goresan dan pecah.

  • Triplek

Triplek adalah material mebel yang terbuat dari lapisan-lapisan tipis kayu yang direkatkan dengan perekat. Jenis kayu yang umum digunakan meliputi pinus, meranti, atau jenis kayu lainnya.

Kelebihan dari triplek sebagai material sebuah mebel adalah harganya yang terjangkau dibandingkan kayu solid. Namun kekurangannya yaitu rentan terhadap air dan kurang tahan lama.

  • Keramik

Keramik adalah material yang sering digunakan untuk permukaan mebel, terutama meja atau countertop. Kelebihan dari penggunaan keramik dalam mebel adalah tahan goresan dan juga tahan panas. Namun ada satu kekurangannya yaitu mudah jika terjatuh atau terkena benturan keras.

  • PVC (Polyvinyl Chloride)

PVC adalah jenis plastik yang digunakan dalam pembuatan mebel dengan berbagai bentuk dan fungsi. Kelebihan dan kekurangan penggunaan PVC dalam mebel adalah sifat material yang ringan dan mudah dipindah pindah, namun ia memiliki kekurangan yaitu tidak ramah lingkungan.

Rekomendasi Toko Mebel Terbaik

toko mebel

Dalam mencari mebel berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat mengunjungi berbagai toko mebel terbaik di Indonesia. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai 10 rekomendasi toko mebel terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Informa

Deskripsi: Informa adalah jaringan toko mebel terbesar di Indonesia dengan lebih dari 60 gerai di seluruh negeri. Menawarkan berbagai macam pilihan mebel dengan desain modern dan fungsional untuk setiap ruangan, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, hingga dapur.

Keunggulan: Koleksi mebel yang beragam, berkualitas tinggi, dan tersedia dengan harga terjangkau. Informa juga sering mengadakan promo dan diskon menarik bagi pelanggan.

2. IKEA

Deskripsi: IKEA adalah salah satu merek mebel global yang memiliki cabang di Indonesia. Dikenal di seluruh dunia sebagai penyedia mebel dengan desain fungsional, minimalis, dan harga terjangkau. Produk IKEA sering kali dirakit sendiri (DIY) oleh pelanggan.

Keunggulan: Desain unik, kualitas tinggi, dan konsep DIY (Do It Yourself) yang memudahkan dalam perakitan. IKEA juga memiliki produk dengan konsep ramah lingkungan.

3. Urban Quarter

Deskripsi: Urban Quarter adalah toko mebel dengan fokus pada desain kontemporer dan gaya skandinavia. Menawarkan berbagai produk mebel yang elegan dan simpel untuk menciptakan ruang modern.

Keunggulan: Koleksi mebel yang elegan dan berkualitas, serta pilihan material yang bervariasi seperti kayu solid dan kulit sintetis. Urban Quarter juga menyediakan layanan desain interior.

4. Fabelio

Deskripsi: Fabelio adalah platform daring yang menyediakan berbagai produk mebel dengan desain modern dan inovatif. Pelanggan dapat melakukan pembelian langsung melalui situs web mereka.

Keunggulan: Pilihan mebel yang unik, bahan berkualitas, dan opsi custom sesuai keinginan. Fabelio juga memiliki jasa desain interior untuk membantu pelanggan merencanakan ruang mereka.

5. Cellini

Deskripsi: Cellini adalah merek mebel yang menghadirkan desain Italia mewah dan elegan ke Indonesia. Menawarkan koleksi mebel dengan sentuhan klasik dan modern.

Keunggulan: Desain klasik dan modern yang mewah, material berkualitas, dan sentuhan artistik dalam setiap produk. Cellini juga memiliki produk dekorasi dan aksesori yang serasi.

6. OMA Living

Deskripsi: OMA Living menawarkan mebel dan dekorasi interior dengan nuansa alami dan eco-friendly. Produk mereka sering kali terbuat dari material alami dan ramah lingkungan.

Keunggulan: Produk ramah lingkungan, desain yang hangat, dan penggunaan material alami seperti rotan dan bambu. OMA Living juga menempatkan nilai keberlanjutan dalam setiap produknya.

7. Vinoti Living

Deskripsi: Vinoti Living adalah merek mebel Indonesia yang mengusung desain etnik dengan sentuhan modern. Koleksi mebel mereka terinspirasi dari kekayaan budaya dan seni Indonesia.

Keunggulan: Desain etnik dengan sentuhan modern, bahan berkualitas, dan pilihan aksesori seperti lampu dan karpet. Vinoti Living juga sering menghadirkan inovasi dalam setiap koleksi terbaru.

8. Tempo Scan

Deskripsi: Tempo Scan adalah pilihan tepat untuk mebel kantor dengan fokus pada ergonomi dan kenyamanan. Menawarkan berbagai produk mebel kantor untuk meningkatkan produktivitas.

Keunggulan: Koleksi mebel kantor yang ergonomis, fungsional, dan berkualitas tinggi. Tempo Scan juga menawarkan jasa konsultasi untuk mendesain ruang kantor yang efisien.

9. Vivere

Deskripsi: Vivere menghadirkan mebel outdoor dan indoor dengan desain elegan dan nyaman. Produk-produk mereka dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keindahan dalam berbagai ruangan.

Keunggulan: Koleksi mebel tahan cuaca untuk luar ruangan, serta desain yang estetis dan ergonomis untuk dalam ruangan. Vivere juga memiliki produk dekorasi dan aksesori untuk melengkapi ruangan.

Disclaimer: Daftar toko mebel terbaik diatas hanyalah sudut pandang pribadi dari Dekorminimalis.com yang tentunya bersifat dinamis dan tidak sama dengan pendapat anda masing masing.

Demikianlah serangkaian informasi mengenai apa itu mebel yang bisa kami ulas untuk anda. Perlu anda ingat kembali bahwa Mebel bukan hanya sekadar barang-barang di dalam ruangan.

Mereka memiliki peran yang mendalam dalam menciptakan suasana, memenuhi kebutuhan fungsional, dan mengungkapkan identitas pribadi. Kualitas seebuah mebel tidak hanya memengaruhi penampilan estetika suatu ruangan, tetapi juga dapat memainkan peran fungsional yang sangat penting.

Mebel berkualitas tidak hanya memberikan nilai estetika yang tinggi, tetapi juga sejumlah manfaat lainnya. Mebel yang baik memiliki daya tahan yang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu mengganti mebel secara teratur. Selain itu, bahan berkualitas juga lebih ramah lingkungan, karena memiliki umur pakai yang panjang.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

7 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *