Warna Grey Seperti Apa? Ini Contoh & Panduan yang Cocok

Posted on

⏩Temukan macam macam warna Grey & artinya dalam psikologi warna❤️ 11+ Gambar paduan yang cocok dengan Abu Abu Tua & Muda❤️

Warna adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu warna yang menarik perhatian adalah warna abu abu atau grey. Warna ini sering dianggap sebagai warna netral yang memberikan kesan tenang dan elegan.

Dalam artikel ini, dekorminimalis.com akan mengajak anda untuk membahas secara mendalam mengenai warna grey, mencakup sejarahnya, psikologi di balik warna ini, penggunaannya dalam desain, contoh contoh variasi warna, kombinasi warna yang cocok dan tidak cocok serta pengaruhnya dalam berbagai konteks.

Arti Warna Grey

warna grey

Warna Grey (abu-abu) adalah varian warna yang dihasilkan dari campuran warna hitam dan putih. Karakteristik khusus dari warna ini yaitu menyiratkan nuansa netral.

Contoh paling mudah dari warna grey yang bisa kita temui yaitu pada warna bebatuan yang ada di alam sekitar. Grey digunakan secara luas dalam desain interior karena memberikan suasana yang tenang dan elegan.

Warna abu abu ini juga seringkali digunakan sebagai latar belakang yang sempurna untuk warna-warna lain. Kecantikan warna grey sering terletak pada kesederhanaannya. Ketika digunakan dengan bijak, grey bisa menjadi sangat menarik.

Warna grey memiliki sejarah panjang dan kaya dalam seni, mode, dan desain. Grey pertama kali digunakan dalam seni prasejarah, di mana bahan-bahan alami seperti batu dan arang digunakan untuk menghasilkan pigmen abu-abu.

Dalam sejarah seni, grey sering kali dianggap sebagai warna yang menggambarkan ketidakpastian atau ambivalensi. Namun, pandangan ini telah berubah seiring waktu.

Dalam masyarakat modern, warna grey sering kali dikaitkan dengan konsep netralitas, keseimbangan, dan ketenangan.

Penggunaan warna grey dalam desain interior dan eksterior seringkali memberikan kesan elegan dan minimalis. Warna ini juga sering digunakan dalam industri fesyen untuk menciptakan tampilan yang chic dan timeless.

Psikologi Warna Grey

psikologi warna grey

Psikologi warna memiliki peran yang signifikan dalam bagaimana kita merasakan dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Warna grey memiliki nuansa yang kompleks dan dapat mempengaruhi suasana hati serta emosi seseorang. Beberapa efek psikologis dari warna grey meliputi:

  • Ketenangan dan Keseimbangan

Warna grey sering dihubungkan dengan perasaan tenang dan keseimbangan. Saat ditempatkan dalam ruang yang tepat, warna ini dapat menciptakan atmosfer yang santai dan damai. Oleh karena itu, grey sering dipilih untuk ruang santai seperti ruang keluarga atau kamar tidur.

  • Keanggunan dan Elegansi

Grey juga memiliki asosiasi dengan keanggunan dan elegansi. Penggunaan warna ini dalam busana dan desain interior dapat memberikan tampilan yang mewah dan berkelas. Banyak perusahaan menggunakan warna grey dalam merek mereka untuk mencerminkan kesan profesional dan modern.

  • Ketidakjelasan dan Ambivalensi

Namun, warna grey juga dapat mengandung konotasi ketidakjelasan atau ambivalensi. Ini mungkin karena grey berada di antara dua warna polos, hitam dan putih. Dalam beberapa konteks, warna ini dapat menggambarkan situasi atau emosi yang kompleks dan tidak jelas.

  • Karakteristik Kepribadian

Karakteristik seseorang yang menyukai warna Grey/Abu-abu biasanya memiliki kepribadian yang seimbang, mendalam, dan selalu memberikan pesona yang tenang namun kuat. Seperti warna yang menjadi favorit mereka, mereka mampu menciptakan kesan yang abadi dan menginspirasi orang di sekitar mereka.

Macam Macam Warna Grey

Setiap variasi warna grey tentunya memiliki karakteristiknya sendiri yang dapat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan. Jika anda tertarik untuk mengetahuinya, berikut daftar jenis jenis warna grey yang umum digunakan:

  • Light Grey

warna light grey
Contoh warna light grey

Warna Light Grey (Abu-abu Terang) memiliki nuansa cerah dan ringan yang mampu menciptakan kesan ruangan yang bersih dan lapang. Warna ini sangat cocok digunakan dalam desain interior minimalis atau modern, memberikan tampilan yang elegan namun tetap terasa terang dan terbuka.

  • Dark Grey

warna dark grey
Contoh warna dark grey

Sebaliknya, Dark Grey (Abu-abu Gelap) menawarkan nuansa yang lebih dalam dan mewah. Dengan karakteristiknya yang pekat dan gelap, warna ini dapat memberikan sentuhan elegan dalam desain ruangan. Cocok untuk menciptakan suasana yang mewah dan klasik atau pun kontemporer yang menonjolkan keanggunan.

  • Grey Blue

warna Grey Blue
Contoh warna Grey Blue

Gabungan antara warna abu-abu dan biru menghasilkan Grey Blue (Abu-abu Biru) yang menawarkan suasana tenang dan damai. Warna ini cocok digunakan dalam ruangan santai atau beristirahat, memberikan nuansa yang menenangkan dan menyegarkan.

  • Grey Brown

warna Grey Brown
Contoh warna Grey Brown

Grey Brown (Abu-abu Cokelat) adalah kombinasi antara abu-abu dan cokelat, memberikan tampilan hangat dan alami. Warna ini cocok digunakan dalam dekorasi ruangan dengan sentuhan alam atau gaya rustic, menciptakan suasana yang mengundang kenyamanan.

  • Grey Metalic

warna Grey metalic
Contoh warna Grey metalic

Jika Anda menginginkan nuansa modern dan futuristik, Grey Metallic (Abu-abu Metalik) adalah pilihan yang tepat. Warna abu-abu ini dengan kilauan logam mampu menciptakan tampilan yang kontemporer dan futuristik, cocok untuk gaya desain industrial atau modern.

  • Grey Doff

warna Grey Doff
Contoh warna Grey Doff

Untuk tampilan yang lebih lembut dan elegan, Grey Doff (Abu-abu Doff) adalah pilihan yang cocok. Warna abu-abu dengan permukaan tidak mengkilap ini sesuai untuk desain interior minimalis atau skandinavia, menciptakan kesan yang lembut namun tetap modern.

  • Grey Stone

warna Grey stone
Contoh warna Grey stone

Warna Grey Stone (Abu-abu Batu) terinspirasi dari batu alam, menambahkan unsur alam ke dalam ruangan. Warna ini cocok untuk ruangan dengan tema alam atau meditasi, memberikan kesan yang tenang dan alami.

  • Grey Latte

warna Grey Late
contoh warna Grey Late

Grey Latte (Abu-abu Latte), yang terinspirasi dari warna kopi latte, menciptakan suasana yang hangat dan nyaman. Warna ini sangat cocok digunakan dalam ruang keluarga atau ruang makan, memberikan nuansa yang mengundang kebersamaan.

  • Grey Ash

warna Grey Ash
Contoh warna Grey Ash

Terakhir, Grey Ash yang memberikan kesan dramatis dan kuat dengan nuansa mendekati warna abu vulkanik. Cocok untuk ruangan dengan gaya yang berani dan eksentrik, menonjolkan karakter yang unik dan mencolok.

Catatan: Pemilihan variasi warna abu-abu ini dapat memberikan nuansa yang berbeda-beda dalam desain interior Anda!  Pastikan untuk mempertimbangkan suasana dan gaya desain yang ingin Anda ciptakan saat memilih salah satu variasi warna abu-abu diatas, karena etiap variasi warna memiliki karakteristiknya sendiri yang dapat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan.

Paduan Warna yang Cocok dengan Grey

  • Paduan Grey dan Peach

kombinasi grey dan peach

Kombinasi abu-abu dengan nuansa peach adalah perpaduan yang memancarkan kelembutan dan kehangatan. Grey memberikan dasar netral yang stabil dan menenangkan, sementara peach menambahkan sentuhan manis yang mencerahkan.

Ketika saya pertama kali mencoba kombinasi ini dalam kamar tidur, saya merasa seolah-olah berada dalam pelukan lembut yang penuh kasih.

Saya memilih perabotan utama seperti tempat tidur dengan warna Grey yang elegan, sambil menambahkan seprai dan bantal-bantal peach untuk memberikan sentuhan aksen yang ceria. Hasilnya adalah ruangan yang mengundang relaksasi dan keseimbangan, seperti pelukan hangat di tengah-tengah kehidupan sehari-hari.

  • Paduan Grey dan Tosca

kombinasi grey dan tosca

Ketika kekuatan abu-abu bertemu dengan energi tosca, terciptalah kontras yang menawan dan berani. Grey memberikan dasar netral yang stabil, sementara warna tosca membawa semangat yang segar dan penuh vitalitas.

Dalam ruang kerja saya, saya memilih kombinasi warna ini untuk menciptakan atmosfer yang dinamis dan kreatif. Meja kerja dengan lapisan Grey yang elegan dilengkapi dengan aksesori dan dekorasi teal yang mencolok.

Setiap kali saya duduk di sana, saya merasa seolah-olah ide-ide kreatif sedang berputar di sekitar saya, memberikan dorongan semangat dan semangat untuk menjalani hari.

  • Paduan Grey dan Navy

kombinasi grey dan navy

Anda ingin menciptakan suasana yang mendalam dan anggun? Coba padukan Grey dengan warna navy. Kombinasi ini menghasilkan keharmonisan yang tak tertandingi.

Saya baru-baru ini melakukan perombakan pada ruang tamu, menggabungkan sofa Grey yang nyaman dengan bantal-bantal navy yang mencuri perhatian. Hasilnya adalah ruangan yang nyaman, hangat, dan tetap mewah.

  • Paduan Grey dan Hijau Sage

kombinasi grey dan sage green

Jika Anda menginginkan nuansa alam yang segar di dalam ruangan, kombinasikan Grey dengan warna sage green. Ini seperti membawa alam ke dalam rumah Anda. Saya suka menggunakan kombinasi ini dalam ruang makan.

Meja makan dan kursi dengan sentuhan Grey dipadukan dengan aksen hijau sage pada perabotan dan hiasan dinding. Setiap kali saya makan di sana, rasanya seperti pesta di tengah-tengah alam.

  • Paduan Grey dan Kuning

kombinasi grey dan kuning

Kombinasi Grey dengan warna mustard (kuning kalem) adalah seperti mencampurkan elegan dengan semangat. Grey memberikan dasar yang tenang, sementara mustard memberikan sentuhan cerah yang menyegarkan.

Saya pribadi telah mencoba kombinasi ini dalam ruang kerja saya, dan hasilnya sungguh mengesankan. Meja kerja dengan nuansa Grey disandingkan dengan aksesori dan pernak-pernik warna mustard, menciptakan suasana yang fokus namun tetap penuh semangat.

  • Paduan Grey dan Merah Maroon

kombinasi grey dan maroon

Kombinasi antara abu-abu dengan maroon membawa kita kembali ke zaman klasik yang penuh dengan keanggunan dan kemewahan. Grey memberikan fondasi yang elegan dan tenang, sementara maroon menambahkan sentuhan dramatis dan berkelas.

Dalam ruang keluarga saya, saya memilih furnitur seperti sofa dengan warna Grey yang lembut, yang disempurnakan dengan hiasan bantal-bantal maroon yang mencuri perhatian.

Tidak hanya ruangan terasa mewah, tetapi juga memberikan suasana yang hangat dan penuh kehidupan, seperti sebuah panggung di mana kisah-kisah klasik kembali hidup.

  • Paduan Grey dan Ungu

kombinasi grey dan lavender

Ketika Grey bertemu dengan warna ungu atau lavender, hasilnya adalah kombinasi yang memukau dengan kelembutan yang memikat. Grey memberikan latar belakang yang tenang dan netral, sementara lavender membawa sentuhan elegan dan lembut yang menenangkan.

Ruang santai dengan palet warna ini adalah tempat di mana saya merasa bisa menghilangkan stres dan lelah dari hari yang panjang.

Saya memilih perabotan dengan warna Grey yang abstrak dan menambahkan aksesori seperti karpet dan bantal lavender untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Maka, ketika langit senja datang, ruangan itu terasa seperti tempat peristirahatan yang sempurna, seolah-olah saya tengah berjalan-jalan di taman lavender yang indah.

Sumber Gambar : www.schemecolor.com

Paduan Warna yang Tidak Cocok dengan Grey

  1. Grey dan Neon: Kombinasi antara Grey yang tenang dengan warna neon yang mencolok dapat menciptakan kontras yang tidak harmonis dan terlalu mencolok.
  2. Grey dan Cokelat Tua: Paduan Grey dengan cokelat tua mungkin dapat menghasilkan nuansa yang terlalu suram dan kurang menyegarkan.
  3. Grey dan Oranye Terang: Oranye terang yang energetik mungkin tidak selaras dengan keadaan tenang dan netral dari Grey.
  4. Grey dan Pink Barbie: Kombinasi antara Grey dengan pink Barbie yang terlalu cerah dapat menciptakan perbedaan yang terlalu besar dan mencolok.
  5. Grey dan Hijau Limau: Kombinasi ini mungkin tidak menghasilkan kontras yang menyenangkan dan bisa terasa agak tidak seimbang.
  6. Grey dan Kuning Terang: Kuning terang yang ceria mungkin dapat merusak keseimbangan dan ketenangan yang dihadirkan oleh nuansa Grey.
  7. Grey dan Merah Darah: Kombinasi antara Grey dengan merah darah yang sangat intens bisa menciptakan kontras yang terlalu kuat dan mengganggu.

Contoh Aplikasi Warna Grey

Warna grey, atau abu-abu, adalah nuansa netral yang memiliki daya tarik tersendiri. Dalam berbagai konteks, warna ini mampu memberikan tampilan yang elegan dan abadi. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi warna grey yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari:

a. Variasi Warna Grey di Canva (Online)

warna grey di canva

Canva tidak hanya terkenal dengan platform desain yang mudah digunakan, tetapi juga menawarkan variasi warna Grey yang memikat. Dalam palet warna mereka, Anda akan menemukan berbagai nuansa Grey yang terinspirasi dari elemen alam dan keindahan sekitar.

Mulai dari Light Grey yang memberikan kesan cerah dan lapang, hingga Dark Grey yang menawarkan sentuhan elegan dan mewah. Anda juga bisa melihat kode warna grey diatas jika kebetulan sedang membutuhkannya.

Kombinasikan dengan aksen warna lainnya, Canva memungkinkan Anda untuk menggambarkan kreativitas Anda dalam desain dengan dukungan dari palet warna Grey yang menarik.

b. Variasi Cat Warna Grey untuk Dinding Rumah

Menggunakan cat warna grey pada dinding rumah menciptakan tampilan yang modern dan serbaguna. Abu-abu memberikan kesan yang tenang dan kontemporer, cocok digunakan dalam desain interior yang ingin menghadirkan nuansa yang santai namun tetap stylish.

  • Variasi Warna Grey pada Cat Dulux
contoh warna abu abu
Contoh warna abu abu cat Dulux

Dulux, sebagai merek cat ternama, menawarkan variasi warna Grey yang menghadirkan keanggunan dan elegan dalam setiap sentuhan. Grey mereka berkisar dari yang paling cerah hingga yang paling dalam, memberikan Anda fleksibilitas dalam menciptakan suasana ruangan yang unik.

Dan jika anda tertarik untuk melihat katalog warna dari cat dulux secara lengkap, anda bisa mengunjungi tautan berikut : Katalog Warna Dulux

  • Variasi Warna Grey pada Cat Jotun
contoh warna cat abu abu
Contoh warna abu abu cat Jotun

Palet warna Grey dari Jotun sangatlah beragam, dari Grey Blue yang menawarkan nuansa tenang dan segar, hingga Grey Metallic yang membawa sentuhan modern dan futuristik.

Anda dapat mengetahui berbagai macam variasi warna grey melalui katalog warna diatas. Namun jika anda ingin mengulas katalog warna cat jotun secara lengkap, anda bisa menuju tautan berikut : Katalog Warna Jotun

  • Variasi Warna Grey pada Cat Avitex
contoh ragam warna abu abu
Contoh warna abu abu cat Avitex

Melalui katalog warna cat avitex, kita juga bisa mengetahui beragam variasi warna grey yang umum digunakan, mulai dari Grey Brown yang menciptakan suasana alami dan hangat, hingga Grey Stone yang membawa nuansa kembali ke alam. Untuk katalog warna cat avitex bisa anda ulas disini : Katalog warna avitex

  • Variasi Warna Grey pada Cat No Drop
kumpulan warna abu abu
Contoh warna abu abu cat No Drop

Cat No Drop menawarkan variasi warna Grey yang ideal untuk tampilan modern dan stylish. Dari Grey Doff yang memberikan sentuhan elegan dan lembut, hingga Grey Ash yang menciptakan kesan dramatis dan berani.

Warna-warna Grey dari No Drop diatas dapat anda jadikan refrensi juga ketika kebingungan untuk memilih warna grey yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dan untuk anda yang kebetulan ingin mengulas katalog warna cat no drop secara lengkap, anda bisa menuju tautan berikut : Katalog Warna No Drop.

c. Variasi Hijab Warna Grey

Memakai jilbab warna grey dapat memberikan tampilan yang anggun dan sederhana. Warna ini memberikan kesan yang lembut namun tetap menawan, cocok digunakan dalam berbagai kesempatan, dari acara formal hingga santai.

  • Hijab Warna Abu Abu Muda

jilbab warna abu abu muda

  • Hijab Warna Abu Abu Tua

hijab warna abu abu tua

d. Variasi Baju Warna Grey

Baju warna grey menciptakan tampilan yang chic dan timeless. Warna abu-abu memberikan nuansa yang elegan namun tidak terlalu mencolok, cocok untuk pakaian sehari-hari atau acara-acara istimewa.

  • Baju Warna Abu Abu Muda

baju warna abu abu muda

  • Baju Warna Abu Abu Tua

baju warna abu abu tua

e. Variasi Celana Warna Grey

Mengenakan celana warna grey memberikan kesan yang santai namun tetap rapi. Warna abu-abu dapat memberikan tampilan yang netral namun stylish, cocok untuk aktivitas sehari-hari atau acara kasual.

  • Celana Warna Abu Abu Muda

celana warna abu abu muda

  • Celana Warna Abu Abu Tua

celana warna abu abu tua

f. Rumah dengan Nuansa Warna Grey

Menerapkan warna grey dalam dekorasi rumah menciptakan suasana yang tenang dan elegan. Dengan memadukan berbagai nuansa abu-abu, rumah dapat menghadirkan kesan yang konsisten dan modern, cocok untuk mereka yang menghargai keindahan yang sederhana.

  • Exterior Rumah Nuansa Warna Grey

exterior rumah nuansa warna grey

  • Interior Rumah Nuansa Warna Grey

interior rumah nuansa warna grey

g. Kendaraan Warna Grey

Mobil atau motor dengan warna grey memberikan kesan yang mewah dan serius. Warna abu-abu pada kendaraan menciptakan tampilan yang tidak terlalu mencolok namun tetap elegan, cocok untuk mereka yang ingin tampil dengan gaya yang klasik dan tajam.

  • Motor Warna Grey

motor warna grey

  • Mobil Warna Grey

mobil warna grey

h. Cat Rambut (Semir) Warna Grey

Warna abu-abu pada rambut memberikan kesan yang futuristik dan tajam, sementara juga menciptakan perpaduan antara keanggunan dan keberanian. Ketika rambut diwarnai dengan nuansa abu-abu, tampilanmu akan berbeda dan mencuri perhatian dengan gaya yang luar biasa.

Sebagian pakar juga menilai bahwa warna abu-abu pada rambut memiliki kemampuan untuk menghadirkan tampilan yang chic dan elegan, tentunya juga tergantung pada intensitas dan variasi warna abu-abu yang dipilih

  • Cat Rambut Ash Grey

cat rambut ash grey

  • Cat Rambut Light Grey

cat rambut light grey

  • Cat Rambut Dark Grey

cat rambut dark grey

Demikianlah ulasan lengkap mengenai warna grey yang bisa kami paparkan untuk anda. Melalui ulasan yang singkat ini, kita telah mengeksplorasi berbagai macam variasi warna Grey,dimana masing-masing memiliki karakteristik yang unik.

Jadi, jika Anda tengah merencanakan penggantian warna di rumah atau menciptakan desain yang unik, jangan ragu untuk memasukkan warna Grey dan eksplorasi kombinasinya.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

1 comment

  1. I think that everything posted was actually very
    reasonable. However, consider this, what if you wrote a
    catchier title? I am not saying your information isn’t
    solid, but what if you added a title to
    maybe get folk’s attention? I mean √ Macam Macam
    Warna Grey & Paduan yang Cocok is a little boring.
    You could peek at Yahoo’s home page and watch
    how they write post titles to get people interested.

    You might try adding a video or a related picture or two to
    grab people excited about what you’ve got to say. In my opinion, it
    might bring your website a little livelier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *