Macam Macam Ukuran Granit di Pasaran Lengkap

Posted on

⏩Temukan berbagai macam ukuran granit + contoh gambar lengkap⭐ Pilihan ukuran granit yang umum digunakan dan custom⭐

Granit merupakan salah satu jenis batuan alam alam yang sangat elegan dan multifungsi dalam pengaplikasiannya. Hal inilah banyak produsen produsen keramik yang kini beralih menjajaki industri granit di pasaran.

Dengan berbagai ukuran yang tersedia, granit memiliki fleksibilitas untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membantu anda dalam memilih ukuran granit yang ideal, berikut dekorminimalis paparkan ulasan macam macam ukurannya.

Macam Macam Ukuran Granit

ukuran granit

Ketika mempertimbangkan granit untuk proyek Anda, salah satu kelebihan yang signifikan adalah kemampuan untuk memilih ukuran kustom sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol lebih besar atas desain dan aplikasi bahan granit dalam proyek Anda.

Ukuran Granit yang Umum Digunakan

Dalam memilih ukuran granit yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan lokasi penggunaan, gaya desain, dan anggaran proyek Anda. Berikut untuk daftar ukuran granit yang paling umum digunakan di Indonesia.

1. Granit 60×60 cm

Ukuran granit 60×60 cm adalah salah satu yang paling umum digunakan, dan ini dengan alasan yang baik. Ukuran ini ideal untuk lantai dan dinding dalam interior rumah.

Ketika digunakan sebagai lantai, granit 60×60 cm memberikan tampilan yang lapang dan mewah.

Dengan dimensi yang cukup besar, granit ini menghadirkan efek visual yang menakjubkan, menjadikan setiap ruangan lebih elegan.

Selain itu, granit 60×60 cm juga cocok untuk dinding. Penggunaannya dalam dinding menciptakan tampilan yang kohesif dan elegan.

Anda dapat memilih granit dengan berbagai warna dan pola untuk mencocokkan gaya interior rumah Anda.

Kelebihan utama granit dalam ukuran ini adalah daya tahannya terhadap goresan, cairan, dan cuaca, menjadikannya pilihan yang sangat tahan lama.

2. Granit 30×60 cm

Ukuran granit 30×60 cm sangat ideal untuk dinding dan penampilan yang lebih ringkas.

Granit dengan ukuran ini mempertahankan keindahan dan daya tahan yang menjadi ciri khasnya, sambil memberikan keuntungan tampilan yang lebih kompak dan modern.

Idealnya digunakan untuk dinding interior seperti kamar mandi atau ruang dapur. Granit 30×60 cm memungkinkan Anda untuk menciptakan desain yang lebih terperinci.

Anda dapat memadukan beberapa ukuran dan warna granit untuk menciptakan pola yang indah pada dinding.

Selain itu, kemampuan granit untuk menghadapi kelembapan dan perubahan suhu menjadikannya pilihan yang pintar untuk area-area dengan tingkat kelembapan tinggi seperti kamar mandi.

3. Granit 120×60 cm

Ukuran granit 120×60 cm adalah salah satu yang lebih besar dan cocok untuk proyek yang memerlukan penutupan area yang lebih besar.

Proyek-proyek seperti penutupan lantai ruang tamu yang lapang atau penyelesaian tangga dapat diatasi dengan sempurna oleh granit dengan ukuran ini.

Granit 120×60 cm memberikan sentuhan kemewahan dan elegan yang luar biasa. Anda dapat memilih granit dengan corak yang eksklusif, dan diukur dengan ukuran yang besar ini, setiap detil corak akan lebih terlihat.

Ini membuatnya cocok untuk proyek-proyek yang menuntut tampilan luar biasa dan daya tahan yang tinggi.

Ukuran Granit Custom

Berikut ini adalah tiga contoh dimensi ukuran kustom yang umum digunakan:

1. Granit 120×30 cm

Ukuran granit 120×30 cm seringkali menjadi pilihan yang populer, terutama dalam aplikasi dinding dan lantai. Dimensi ini memberikan tampilan yang lebih panjang dan ramping, menciptakan kesan elegan dan modern.

Granit dengan ukuran ini sering digunakan dalam desain interior rumah, khususnya untuk membuat dinding backsplash yang indah dalam dapur. Dimensi ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam menciptakan pola dan tampilan yang unik.

2. Granit 90×90 cm

Ukuran granit 90×90 cm sangat ideal untuk proyek dengan permukaan yang luas. Ini sering digunakan dalam lantai ruang tamu besar, showroom, atau ruang komersial lainnya.

Ukuran besar ini memberikan kesan kemewahan dan memaksimalkan penampilan granit. Anda dapat melihat detil pola dan warna dengan lebih jelas dalam ukuran ini.

Granit dengan ukuran ini cocok untuk menciptakan kesan lapang dan mengesankan dalam ruang yang luas.

3. Granit 60×40 cm

Ukuran granit 60×40 cm adalah pilihan yang sering digunakan dalam proyek lantai, terutama di area yang sering dilalui. Ukuran ini menciptakan keseimbangan antara tampilan yang modern dan kemudahan perawatan.

Granit dengan ukuran ini sering digunakan dalam bangunan komersial seperti restoran, toko, dan ruang pameran. Kelebihannya adalah kemampuannya untuk menahan tekanan berat dan aus yang rendah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk area dengan tingkat lalu lintas tinggi.

Cara Menghitung Kebutuhan Granit

contoh ukuran granit

Sebelum Anda memulai proyek pemasangan granit, penting untuk menghitung dengan teliti berapa banyak granit yang Anda butuhkan. Menghitung kebutuhan granit dengan benar akan membantu Anda menghindari pemborosan dan memastikan bahwa proyek berjalan sesuai rencana.

Sebagai contoh ilustrasi pengukuran kali ini, kita akan mengambil sampel perhitungan granit dengan ukuran 60 x 60 cm. Berikut adalah cara menghitung kebutuhannya:

1. Ukur Luas Area

Langkah pertama adalah mengukur luas area yang akan ditutupi oleh granit. Gunakan meteran pita atau alat pengukur lainnya untuk mengukur panjang dan lebar area. Pastikan untuk mengukur dalam meter atau sentimeter untuk konsistensi. Contohnya, jika Anda akan menutupi lantai ruang tamu dengan granit, ukur panjang dan lebar ruang tamu tersebut.

2. Hitung Luas Area dalam Satuan Meter Persegi

Setelah Anda memiliki ukuran panjang dan lebar area, hitung luasnya dalam satuan meter persegi. Ini dilakukan dengan mengalikan panjang dan lebar area. Misalnya, jika ruang tamu memiliki panjang 5 meter dan lebar 4 meter, maka luasnya adalah 5 meter x 4 meter = 20 meter persegi.

3. Tambahkan Cadangan

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki granit yang cukup untuk mengatasi potongan yang perlu disesuaikan, goresan, atau keperluan tambahan lainnya, disarankan untuk menambahkan cadangan sekitar 10-15% dari luas area yang telah dihitung. Ini adalah langkah yang bijaksana untuk menghindari kekurangan bahan saat proyek berlangsung.

4. Hitung Jumlah Granit yang Dibutuhkan

Selanjutnya, hitung jumlah granit yang dibutuhkan dengan cara membagi luas area total (termasuk cadangan) dengan luas satu lembar granit. Granit ukuran 60 x 60 cm memiliki luas 0.36 meter persegi. Jadi, bagi luas area total (termasuk cadangan) dengan 0.36 meter persegi. Contohnya, jika luas area total adalah 30 meter persegi (termasuk cadangan), maka jumlah granit yang dibutuhkan adalah 30 meter persegi / 0.36 meter persegi = 83 lembar granit.

5. Pemesanan Granit

Dengan jumlah granit yang telah dihitung, Anda dapat melakukan pemesanan ke toko atau pemasok granit terpercaya. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai jumlah yang Anda butuhkan agar Anda dapat memastikan ketersediaan bahan yang sesuai untuk proyek Anda.

6. Pertimbangkan Pola Pemasangan

Terakhir, pertimbangkan pola pemasangan granit. Anda dapat memilih berbagai pola seperti pola lurus atau pola diagonal, yang mungkin mempengaruhi jumlah potongan yang perlu disesuaikan. Perencanaan pola pemasangan dengan cermat akan membantu Anda mengoptimalkan penggunaan granit.

Pelajari Juga Katalog Ukuran Lainnya :
Macam Macam Ukuran Amplas Ukuran Pipa Paralon
Ukuran Meja Dapur Cor Ukuran Triplek

Itulah serangkaian informasi mengenai daftar macam macam ukuran granit lengkap yang bisa kami ulas. Dengan ukuran yang beragam seperti contoh di atas, Anda dapat menyesuaikan granit dengan tepat sesuai dengan proyek Anda.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menciptakan tampilan yang unik dan sesuai dengan gaya desain yang Anda inginkan.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional granit yang berpengalaman untuk membantu Anda memilih ukuran yang paling cocok dan memberikan saran terbaik mengenai aplikasi granit dalam proyek Anda.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *