Pengertian Konstruksi dan Teknik Konstruksi

Posted on

Konstruksi Adalah? Berikut penjelasan lengkap apa itu konstruksi✅ Jenis jenis, Tahapan ✅ dan juga Manajemen Teknik Konstruksi✅

Banyak yang ingin mengetahui tentang konstruksi dan pengertiannya. Jika Anda adalah salah satunya, maka semua keterangan yang Anda butuhkan bisa disimak di sini. Semuanya, mulai dari pengertian, jenis, hingga peran konstruksi di Indonesia bisa dilihat dan dibaca di sini.

Dengan membaca keterangan ini, maka kita bisa memahami sektor ini dengan lebih baik. Tanpa berlama lama langsung saja anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Konstruksi

konstruksi

 

Dari beberapa pendapat yang diutarakan para ahli, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian konstruksi adalah kegiatan dalam upaya pembangunan sarana/ prasana infrastruktur pada area tertentu. (H. Kerzner – dikutip oleh Soeharto, 1999, dalam Eka Dannyanti, 2010)

Proyek konstruksi ini umumnya melibatkan beberapa ahli dibidang teknik sipil dan arsitektur bangunan. Selain kedua unsur pokok tersebut, beberapa proyek konstruksi juga sering melibatkan para ahli di bidang keilmuan lainnya seperti teknik industri, teknik mesin, elektro serta geoteknika.

Umumnya sebuah konstruksi melibatkan beberapa pekerjaan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia arsitektur seperti pemasangan, komisioning, renovasi, perbaikan, pemeliharaan, pemugaran, pembongkaran, penonaktifan atau pembongkaran struktur atau persiapan lokasi bangunan.

Bagi yang ingin tahu apa itu konstruksi dan artinya, kita bisa simak di sini. Ada beberapa pengertian yang bisa dilihat di bawah ini yaitu pengertian yang berasal dari pandangan umum dan juga pengertian yang resmi dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjutnya kita bisa simak di sini:

  1. Arti Konstruksi Secara Umum

Secara umum konstruksi adalah kegiatan untuk membangun suatu ruang atau tempat tertentu, termasuk bangunan yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum.

  1. Arti Konstruksi Menurut KBBI

KBBI banyak digunakan orang untuk mencari definisi dari sesuatu. Menurut KBBI, konstruksi adalah model dan tata letak yang terkait dengan suatu bangunan tertentu, mulai dari jembatan, rumah dan lain sebagainya.

Contoh konstruksi secara umum misalnya pada seni pembuatan rumah dan bisnis. Contoh konstruksi lainnya juga bisa kita lihat pada bagaimana sebuah kalimat disatukan menggunakan kumpulan kata-kata.

Jenis Jenis Konstruksi

konstruksi adalah

 

Ada banyak sekali contoh tempat-tempat yang bisa menyediakan jasa di bidang ini, termasuk juga jaya konstruksi dan lain-lainnya. Namun, sebelumnya kita harus tahu dulu jenis konstruksi umum yang biasanya bisa mereka lakukan.

Apa saja? Berikut ini adalah beberapa jenis konstruksi umum dan juga konstruksi infrastruktur yang bisa dilakukan oleh kontraktor.

Konstruksi Bangunan :

  1. Konstruksi Gedung

Gedung atau bangunan merupakan salah satu hal umum yang bisa dibuat melalui proses konstruksi. Biasanya gedung yang dibangun adalah perumahan dan fasilitas umum seperti mall dan sekolah. Hotel juga masuk dalam kategori ini.

  1. Konstruksi Industri

Untuk konstruksi industri, biasanya hal yang dibangun adalah yang terkait dengan sarana industrial seperti pabrik dan pertambangan.

Konstruksi Infrastruktur :

Selain yang umum, menurut UU jasa konstruksi, ada beberapa jenis konstruksi infrastruktur yang bisa dilakukan. Apa sajakah mereka? Di bawah ini ada dua jenis konstruksi yang masuk di dalam kategori infrastruktur dan biasanya akan dilakukan berdasarkan perintah dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

  1. Konstruksi Jalan Raya

Jalan raya merupakan hal vital untuk infrastruktur negara. Biasanya konstruksi jalan raya dilakukan di kota-kota besar.

  1. Konstruksi Jembatan

Jembatan adalah sarana infrastruktur yang sangat penting. Biasanya konstruksi baja akan sangat berperan di sini. Jembatan bisa menghubungkan satu tempat dengan tempat yang lainnya atau digunakan untuk memberi jalan di atas sungai dan lain sebagainya.

Teknik Konstruksi

konstruksi bangunan

Teknik konstruksi atau construction engineering merupakan badan yang bertanggung jawab menangani pengelolaan proyek konstruksi dan memastikan bahwa proyek yang dijadwalkan dan dibangun sesuai dengan rencana dan spesifikasi.

Para teknik konstruksi memiliki tanggung jawab atas desain dan keamanan struktur sementara yang digunakan selama konstruksi, mula idari perencanaan, manajemen infrastruktur hingga pengawasan hasil ahir proyek.

Mengetahui apa saja tanggung jawan teknik konstruksi adalah hal yang penting di sini. Tahapan pada bidang teknik konstruksi ini ada beberapa point yang bisa dibagi menjadi dua yaitu tahapan awal dan lanjutan. Apa saja tahapan tanggung jawab teknik konstruksi tersebut ? Berikut detail ulasannya :

Tahapan Awal:

Kita mulai dari tahap awal untuk mengetahui apa saja yang perlu direncanakan ketika kita akan melakukan sesuatu yang terkait dengan bidang konstruksi.

  1. Perencanaan

Banyak perusahaan konstruksi besar seperti Sibima konstruksi dan lainnya yang memulai tahapan mulai dari perencanaan. Di sini kita akan membuat perencanaan matang tentang apa saja yang akan dibangun dan bagaimana teknis pelaksanaannya.

  1. Perancangan Desain Gambar Kerja

Setelah rencana, ada masalah desain yang harus diselesaikan. Perencanaan desain gambar kerja harus selesai sebelum tahapan lanjut karena desain menjadi dasar pembangunan dari suatu tempat dan proses konstruksi tidak akan berjalan tanpa adanya desain dasar.

Tahapan Lanjutan :

Tahapan lanjutan dari konstruksi bangunan bisa dibaca di sini. Inilah tahapan di mana rencana akan mulai direalisasikan. Bagi yang menginginkan penjelasan lebih lanjut, penjelasannya bisa dilihat di keterangan berikut ini.

  1. Pengadaan Barang

Pengadaan adalah tahapan di mana konstruksi akan segera dilakukan. Namun, di tahapan ini, kita akan diberi tugas untuk menyediakan bahan bangunan dan juga semua material terkait dengan konstruksi yang dibutuhkan.

Bahan material untuk kebutuhan konstruksi bangunan tersebut misalnya seperti pengadaan besi hollow, batu bata , gypsum, atap PVC dan material bangunan lainnya . Semua bisa dilakukan melalui proses lelang maupun bidding.

  1. Pelaksanaan

Proses ini merupakan eksekusi di mana konstruksi akan mulai berjalan, dimulai dari pembangunan pondasi hingga akhirnya bangunan akan selesai dibangun dan siap untuk digunakan untuk kepentingan umum maupun kepentingan pribadi.

  1. Pengawasan dan Evaluasi

Proses pengawasan secara berkala disertai dengan evaluasi merupakan tahapan terakhir proyek konstruksi yang harus dilakukan. Dengan terus melakukan pengawasan serta evaluasi setiap pelaksanaan pekerjaan akan meningkatkan efisiensi waktu maupun biaya.

Peran Bidang Konstruksi

Perusahaan konstruksi seperti SBU konstruksi dan lainnya memiliki peran yang signifikan untuk negara ini. Perannya antara lain adalah membangun fasilitas umum dan juga bisa membantu perencanaan tata kota yang ada di Indonesia. Tanpa adanya konstruksi, tidak mungkin ada sektor infrastruktur yang terbangun.

Itu dia informasi tentang apa itu konstruksi yang bisa dekorminimalis.com sajikan. Kita bisa tahu betapa pentingnya sektor ini dan kita juga bisa mengapresiasi orang-orang yang terlibat dalam bidang konstruksi ini.

Inilah mengapa sangat penting bagi kita orang Indonesia untuk selalu taat pajak dan lain-lainnya guna bisa memberi support di bidang konstruksi bangunan dan pengembangan infrastruktur negara.

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang hobi sama vespa dan Desain Interior!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *