Harga Batako Berbagai Jenis dan Ukuran

Promo harga batako terbaru 2021 per biji, per meter dan borongan✔️ Ragam jenis & ukuran batako press, putih & hebel untuk konstruksi✔️

Dinding pada bangunan merupakan salah satu komponen terpenting, karena secara langsung berdampak terhadap kekokohan bangunan. Dinding yang terbuat dari bahan berkualitas, dapat bertahan dalam jangka waktu lama serta tahan dari segala hantaman cuaca ekstrim serta jamur.

Batako saat ini banyak dipilih oleh masyarakat sebagai bahan penyusun dinding dengan pertimbangan kepraktisan dan kekuatan untuk menyangga bangunan.

Apa Itu Batako?

batako
Contoh gambar batako

Rumah yang kokoh tidak hanya berasal dari pondasi saja, tapi juga dipengaruhi pemilihan bahan dinding. Batako adalah salah satu material bangunan yang biasanya dijadikan sebagai bahan pembuatan dinding. Bahan ini dapat dijadikan dinding yang cukup kuat dan mampu bertahan lama.

Batako adalah material bangunan yang terbuat dari campuran senyawa pasir, air, kericak, dan semen. Komponen pembangun ini kemudian dipadatkan sehingga mempunyai bentuk balok.

Tekstur material ini hampir sama dengan beton, hanya saja cenderung lebih ringan. Dalam beberapa aspek, material ini lebih unggul daripada bata merah biasa, meskipun harga batako bisa jadi lebih mahal.

Batako merupakan material untuk dinding bangunan yang terbuat dari bahan campuran pasir, kricak, semen, dan air. Setelah mengalami berbagai macam proses pembuatan, bahan ini berubah menjadi padat yang berbentuk balok dengan ukuran batako bervariasi.

Bahan ini dicetak pada sebuah tempat yang telah disiapkan agar membentuk balok. Cetakan ini tidak hanya berfungsi untuk memadatkan batako, tapi juga menjaga bentuknya sehingga tetap preposisi. Cetakan batako juga digunakan sebagai tempat adonan untuk mencampurkan material penyusun.

Kelebihan dan Kekurangan Batako

Berbicara mengenai batako, tentu tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Mulai dari aspek ukuran batako, material penyusunnya, hingga pengerjaan, berikut kelebihan dan kekurangan batako yang perlu Anda ketahui.

  1. Keunggulan:

Kelebihan dan kekurangan batako yang pertama adalah kelebihan dari segi material/bahan. Batako terbuat dari bahan bertekstur halus, sehingga lebih memudahkan dalam hal pemasangan. Jika dibandingkan batako vs hebel, batako memang sedikit lebih berat, tapi batako lebih kokoh dan lebih mampu menahan beban lebih banyak.

  1. Kekurangan:

Kelebihan dan kekurangan batako selanjutnya adalah kekurangan dalam segi ketahanan. Bahan batako tergolong rapuh dan mudah hancur, jika jatuh bisa langsung pecah atau retak tergantung ketinggian. Dibandingkan batako vs hebel, hebel lebih tahan karena bahannya lebih compact.

Ukuran Batako

ukuran batako

Ukuran batako standar Nasional (SNI) adalah 30 x 10 cm  untuk panjang x lebar, dengan tinggi 15 cm. Selain ukuran tersebut, batako juga memiliki ragam ukuran lain, misalkan saja batako dinding luar memiliki ukuran 40x20x20 cm. Berikut kami paparkan detail ukuran batako yang ada dipasaran.

Jenis Ukuran (Px Lx T) Material
Batako Standar SNI 30x10x15 cm Beton
Batako Beton H 29x14x14 cm Beton
Batako Semen PC 38x8x18 cm Beton
Batako Balok 300x6x10 cm Beton
Batako Lengkung 50x30x10 cm Beton
Batako Kolom 29x29x14 cm Beton
Batako Beton U 29x14x14 cm Beton
Batako Dinding Indoor 40x10x20 cm Beton
Batako Dinding Outdoor 40x20x20 cm Beton

Harga Batako Terbaru 2022

Harga Batako

Harga batako terbaru 2022 dipasaran sangat bervariasi. Setiap jenis dijual dengan harga yang beragam. Selain itu, harga material balok satu ini juga dipengaruhi oleh tekstur dan merknya.

Jenis Ukuran Harga / Biji
Batako Press Hitam 30x16x7 cm Rp. 1.250
Batako Press Beton 36x17x7.5 cm Rp. 1.900
Batako Press Putih 36x17x7 cm Rp. 1.850
Batako Press SNI 32x15x7.5 cm Rp. 1.300
Batako Beton Press 23x11x7 cm Rp. 1.100
Batako Serat Kayu 36x17x7.5 cm Rp. 2.950
Batako Model Bata 21x10x7 cm Rp. 900
Batako Press Lock 36x17x7.5 cm Rp. 2.150
Batako Press 3 Lubang 23x11x7 cm Rp. 1.100
Batako Reguler 2 Lubang 36x17x7.5 cm Rp. 3.100
Batako Conblock Murni 40x20x8.5 cm Rp. 4.850

Ada berbagai jenis dan ukuran batako yang didesain secara khusus berdasarkan spesifikasi bangunan tertentu. Bahan ini memberikan model yang berbeda-beda, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Berikut jenis jenis batako beserta ukurannya yang perlu anda ketahui.

  1. Batako Ringan/ Hebel

Jenis jenis batako yang pertama adalah model ringan. Sesuai namanya, bahan ini mempunyai massa yang tidak berat, sehingga lebih memudahkan dalam hal mobilisasi. Batako ringan didesain secara khusus untuk menjadi struktur bangunan yang mudah dan praktis dalam hal pemasangan.

Hebel dapat dibeli dalam bentuk per biji ataupun per kubik. Harga batako hebel per kubik biasanya berkisar antara Rp.600.000 – Rp.750.000. Harga ini dapat berbeda-beda pada tiap daerah. Misalnya, di Semarang harga batako hebel adalah tujuh ratus ribu rupiah, sedangkan di wilayah Jawa Timur bisa lebih murah yaitu sekitar enam ratus ribu.

  1. Batako Press

Batako press terbuat dari bahan semen yang dicampurkan dengan batuan pasir kasar, sehingga sering juga disebut jenis semen. Material ini mempunyai sifat kedap air jadi aman meskipun digunakan pada bangunan yang mempunyai curah hujan tinggi.

Ukuran batako press juga memungkinkan pengerjaan lebih mudah. Biasanya berukuran 36-40 cm untuk panjang,8-10 cm ukuran lebar, dan 18-20 cm sebagai ukuran tinggi.

Disebut juga jenis semen karena memang bahannya hampir sama dan dilihat secara sekilas pun keduanya terdapat kesamaan tekstur. Harga batako press cukup beragam. Untuk yang berukuran 10 cm x 20 cm x 40 cm umumnya diberi harga Rp.2.500 per buah. Sedangkan jika dijual dalam hitungan meter kubik, bisa jadi lebih murah per biji nya.

  1. Batako Putih

Material ini terbuat dari bahan campuran batu kapur, trass, dan air. Hampir sama seperti batako ringan yang memiliki massa tidak terlalu berat, material ini relatif ringan.

Jika ukuran batako press berupa persegi panjang, maka jenis ini berbentuk balok dengan rongga di bagian tengahnya. Biasanya berukuran 20-30 cm untuk panjang, 8-10 cm ukuran lebar, dan 14-18 cm untuk tingginya.

Hampir sama dengan harga batako press, jenis putih ini mempunyai permukaan yang mirip dengan jenis press. Hanya saja berbeda pada bahan. Material jenis ini menggunakan campuran trass, air dan batu kapur. Harga jenis ini berkisar antara Rp. 680.000 – Rp. 750.000.

  1. Batako Reguler

Material jenis ini mempunyai massa yang ringan dengan harga berkisar antara Rp. 1.500  – Rp. 2.500 per biji. Meskipun demikian kualitasnya tetap kuat, tangguh,dan kokoh.

Adapun jenis regular dapat dibuat sendiri dengan menggunakan cetakan manual. Harga cetakan batako manual untuk membuat material ini pun cukup terjangkau dan bisa didapatkan di tokoh bangunan di kota-kota besar.

Tips Memilih Batako yang Bagus

batako press

Setiap orang tentu menginginkan bangunan atau rumah mereka senantiasa kokoh dalam waktu yang lama. Agar sebuah bangunan dapat bertahan kuat, perlu didukung oleh material handal yang berkualitas tinggi. Jika Anda ingin memilih batako, pastikan memilih yang sudah mempunyai mutur terbaik. Berikut tips memilih batako yang bagus dan berkualitas.

  1. Perhatikan Tekstur Permukaannya

Tips pertama untuk memilih material dinding balok terbaik adalah dengan melihat tekstur permukaannya. Anda dapat meraba permukaan material. Apabila tangan Anda merasakan tekstur yang lembut, maka kualitasnya bagus. Tekstur lembut menandakan kecilnya tingkat porositas material.

  1. Perhatikan Massa Bahan Ketika Diangkat

Tips memilih batako selanjutnya adalah perhatikan massa material ketika diangkat. Material dengan kualitas terbaik akan terasa berat saat diangkat, karena menunjukkan tingkat kepadatannya yang baik. Begitu pun sebaliknya, jika massa material terasa ringan bisa jadi dalamnya terisi rongga udara yang bisa menyebabkan keropos pada dinding bangunan.

  1. Perhatikan Tingkat Presisi

Presisi merupakan lurus atau tidaknya permukaan balok. Presisi berkaitan dengan bentuk. Apabila material balok mempunyai tingkat presisi yang tinggi, maka akan semakin baik kualitasnya. Presisi ini dapat dilihat secara kasat mata, untuk memastikan apakah garis tepi dengan diagonal balok sejajar.

  1. Cek Kepadatan Permukaan

Anda dapat mengecek kepadatan permukaan material balok dengan cara memukulkan jari pada permukaannya. Apabila kepadatannya bagus, maka suara ketukan yang dihasilkan semakin pelan. Ketukan pelan ini disebabkan oleh kesolidan bahan tinggi, sehingga dapat lebih kuat dan kokoh.

Langkah Langkah Membuat Batako Sendiri :

Cara membuat batako secara teoritis tidaklah sulit. Hanya saja untuk mengolah bahan-bahan sesuai komposisi yang seimbang, bukan perkara mudah. Oleh karena itu yang paling baik adalah diciptakan oleh produsen material bangunan profesional. Berikut langkah-langkah pembuatannya yang perlu Anda ketahui.

  1. Siapkan Bahan-bahan

Langkah pertama dalam pembuatan material ini adalah sediakan bahan-bahan yang akan digunakan, antara lain semen, kerikil pasar, air, pasir halus, dan mesin batako jika memang memungkinkan. Kumpulkan bahan-bahan pada satu tempat sehingga memudahkan pembuatan.

  1. Siapkan Peralatan

Selain mempersiapkan bahan-bahan, Anda juga perlu menyiapkan peralatan, seperti cetakan batako, kotak adukan, sendok semen, ember, sekop, ayakan pasir, dan lain-lain. Masing-masing peralatan akan digunakan pada step yang berbeda.

  1. Ayak Pasir yang Akan Digunakan

Cara membuat batako selanjutnya adalah ayak pasir yang akan digunakan. Proses ayakan ini bertujuan untuk memisahkan partikel halus dan kasar dari pasir. Hasil ayakan berupa partikel haluslah yang akan dijadikan bahan, sedangkan yang kasar dibuang. Setelah diayak campurkan pasir halus dengan bahan-bahan lain untuk diolah menjadi beton.

  1. Aduk Betok dengan Menggunakan Tangan

Langkah selanjutnya adalah aduklah beton yang berisi bahan-bahan di atas dengan menggunakan tangan berlapis sarung tangan. Pada proses yang lebih modern, biasanya menggunakan mesin batako yang dapat mengaduk secara lebih efektif dan efisien.

  1. Cetak Menggunakan Cetakan

Setelah beton usai diaduk, cetaklah adonan dengan menggunakan cetakan sesuai bentuk dikehendaki. Jika ingin membuat batako press misalnya, maka gunakan cetakan berbentuk balok. Selanjutnya tunggu hingga cetakan mengeras.

Cara Menghitung Kebutuhan Batako

Untuk membuat material balok ini, Anda membutuhkan cetakan yang berfungsi menjaga dan membentuk komponen pembangun agar berupa balok memanjang. Cetakan ini juga diperlukan sebagai alat untuk meletakkan adonan.

Harga cetakan batako manual masih relatif terjangkau sehingga beberapa orang lebih memilih membuat dan mencetak material ini secara mandiri. Selain itu untuk mengirit biaya harga batako yang anda keluarkan, baiknya anda simak rumus perhitungannya berikut ini.

Untuk dapat menghitung kebutuhan batako, Anda dapat melakukan pengukuran dengan satuan meter persegi. Cara menghitung kebutuhan batako pertama adalah buatlah asumsi ukuran material terlebih dahulu, bisa dengan menggunakan ukuran standar ataupun ukuran spesifik. Setelah itu hitung dengan menggunakan rumus :

1 Meter persegi = (100: (panjang+2))(100:tinggi+2) yang mana panjang dan tinggi diubah dalam satuan meter.

Notes : Hasil dari cara menghitung kebutuhan batako dengan rumus tersebut perlu dibulatkan agar menghasilkan nilai yang setara dengan jumlah material.

Jangan Lewatkan Info Material Bangunan Lainnya :
Harga Triplek Per Lembar Harga Semen 1 Sak
Harga Besi Hollow Harga Besi Beton

Itulah hal-hal yang perlu Anda ketahui seputar batako, mulai dari definisi, harga batako berdasarkan jenis dan ukurannya, tips memilih material yang baik, serta cara menghitung kebutuhan material balok ini pada bangunan tanpa metode rumit.

Hal-hal tersebut dapat Anda jadikan referensi untuk memilih material bangunan terbaik dengan kualitas unggul. Demikian artikel seputar batako yang bisa dekorminimalis.com hadirkan. Semoga bermanfaat!

Related posts:
Gravatar Image
Mahasiswa telat lulus yang hobi sama vespa dan Desain Interior!

Leave a Reply

Your email address will not be published.