Furniture: Pengertian, Fungsi, Contoh Model Trend 2024

Posted on

⏩Furniture adalah?✔️ Pelajari segala hal tentang apa itu furniture✔️ Pengertian✔️ Fungsi✔️ Jenis✔️Contoh Model Trend 2024✔️

Dalam dunia desain interior dan gaya hidup, furniture memiliki peran yang sangat penting. Furniture bukan hanya sekadar benda-benda di dalam rumah, tetapi juga merupakan bagian dari identitas estetika dan fungsi ruangan.

Lalu apa sebenarnya furniture itu? Bagaimana sejarah perkembangannya dan jenis-jenis furniture yang sedang trend di tahun 2024 ini? Mari kita menjelajahi lebih dalam mengenai dunia furnitur.

Pengertian Furniture

furniture adalah

Furniture adalah semua benda dan perlengkapan yang ditempatkan di dalam ruangan untuk tujuan fungsional dan dekoratif. Dalam bahasa Indonesia, furniture juga bisa diartikan sebagai ‘perabot’.

Furniture mencakup beragam item seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, sofa, rak buku, dan banyak lagi. Dalam dunia desain interior, pemilihan dan penempatan furniture berperan penting dalam menciptakan suasana yang diinginkan.

Kemudian jika kita tinjau secara harfiah, kata furniture merupakan serapan dari bahasa Prancis yakni ‘Fourniture’ atau ‘fournir’ yang memiliki arti perabotan rumah tangga.

Jadi sederjananya, furniture adalah semua benda yang digunakan untuk mengisi ruangan dan memberikan fungsionalitas serta estetika. Furniture mencakup segala macam perabotan rumah tangga, seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain sebagainya.

Perkembangan furniture dari zaman kuno hingga era digital saat ini telah melibatkan transformasi yang signifikan dalam desain, fungsi, dan material.

Dari furniture sederhana Mesir kuno hingga karya seni modern dengan teknologi canggih, furniture terus beradaptasi dengan kebutuhan dan gaya hidup manusia.

Dengan inovasi terus menerus, kita dapat dengan antusias menanti perkembangan lebih lanjut yang akan membentuk masa depan furniture.

Sejarah Furniture

furniture

Furniture telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sejak zaman kuno. Seiring berjalannya waktu, perkembangan dalam desain, material, dan fungsi furniture telah mengalami transformasi yang signifikan.

Berikut detail sejarah furniture dari awal hingga tahun 2024 ini:

  • Zaman Kuno

Perkembangan furniture dapat ditelusuri kembali ke zaman kuno. Suku-suku awal seperti Mesir kuno, Yunani, dan Romawi telah menciptakan furniture yang mewakili budaya dan kebiasaan masyarakat pada saat itu.

Mesir kuno dikenal dengan penggunaan furniture yang indah dan fungsional, seperti kursi bersandar rendah dan meja-mebel yang dihiasi dengan ukiran khas.

  • Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan, furniture umumnya merupakan simbol status sosial. Kualitas dan desain furniture mulai menjadi sorotan, terutama di kalangan bangsawan dan kerajaan.

Perkembangan teknik pembuatan seperti penggunaan engsel dan kunci yang lebih canggih memungkinkan pembuatan lemari yang lebih besar dan kompleks.

  • Renaisans dan Era Modern Awal

Masuk ke periode Renaisans, furniture mulai dianggap sebagai seni. Furniture pada masa ini menggabungkan elemen seni dan fungsi, dengan detail ukiran yang rumit dan material yang lebih beragam.

Era Modern Awal melihat munculnya gaya desain baru yang lebih fokus pada bentuk geometris dan material seperti baja dan kaca.

  • Abad ke-20: Inovasi dan Eksperimen

Abad ke-20 menyaksikan inovasi besar dalam desain furniture. Perkembangan teknologi dan material baru memungkinkan perubahan dramatis dalam bentuk dan fungsi furniture.

Gaya Bauhaus muncul dengan pendekatan minimalis dan fungsi yang lebih penting daripada ornamen. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, gaya modernis skandinavia menjadi populer dengan penggunaan kayu alami dan bentuk sederhana.

  • Abad ke-21: Kreativitas Tanpa Batas

Perkembangan teknologi komputer dan pencetakan 3D telah membuka pintu bagi kreativitas tanpa batas dalam desain furniture.

Desainer dapat bereksperimen dengan bentuk yang sebelumnya sulit dicapai dan menggabungkan material yang beragam.

Konsep ramah lingkungan juga semakin diterapkan dalam pembuatan furniture, dengan penggunaan bahan daur ulang dan teknik produksi yang lebih berkelanjutan.

  • Era Digital dan Personalisasi

Dengan masuknya era digital, konsumen sekarang dapat dengan mudah mencari dan membeli furniture secara online. Desainer dan produsen dapat menghadirkan pilihan yang lebih luas dan memungkinkan personalisasi dalam desain.

Furniture pintar (smart furniture) yang terhubung dengan teknologi juga mulai muncul, memungkinkan pengaturan cahaya, suhu, dan fitur lainnya secara otomatis.

Fungsi Furniture

fungsi furniture

Furniture memiliki fungsi utama untuk memberikan kenyamanan, fungsionalitas, dan estetika dalam ruangan. Dengan menjalankan peran penting ini, furniture menjadi elemen yang tidak dapat dipisahkan dari pengaturan dan dekorasi rumah.

Berikut adalah beberapa fungsi furniture yang perlu teman teman ketahui:

  • Menambah Kenyamanan

Furniture, seperti sofa dan kursi, memberikan tempat yang nyaman untuk duduk atau beristirahat. Mereka dirancang dengan desain ergonomis agar pengguna dapat merasa nyaman dalam jangka waktu yang lama.

  • Penyempurnaan Ruangan

Furniture memiliki kemampuan untuk mengubah tampilan dan suasana suatu ruangan. Dengan memilih furnitur yang sesuai, Anda dapat menciptakan suasana yang hangat, modern, atau klasik sesuai preferensi Anda.

  • Menambah Fungsionalitas Ruangan

Setiap jenis furniture memiliki fungsi spesifik. Meja memberikan permukaan datar untuk menempatkan benda-benda, lemari menyediakan tempat penyimpanan, tempat tidur untuk beristirahat, dan rak TV untuk menempatkan perangkat elektronik.

  • Pengaturan Ruangan

Furniture membantu mengatur ruangan dengan cara yang efisien. Dengan menempatkan furniture secara strategis, Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang dan menghindari terjadinya kekacauan.

  • Memberi Nilai Tambah Estetika Ruangan

Furniture memiliki nilai estetika yang tinggi dalam dekorasi rumah. Desain dan bentuknya dapat memberikan sentuhan artistik dan mempercantik ruangan.

  • Bentuk Ekspresi Diri

Memilih furnitur dengan gaya dan desain yang sesuai dapat menjadi cara Anda untuk mengekspresikan kepribadian dan selera pribadi.

  • Ruang Sosial

Furniture, seperti meja makan, menciptakan ruang untuk berkumpul dan berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman.

  • Menciptakan Suasana Positif

Ruangan yang diisi dengan furniture yang indah dan fungsional dapat menciptakan suasana yang positif dan menyenangkan, sehingga memengaruhi suasana hati penghuninya.

  • Meningkatkan Kreativitas

Beberapa jenis furniture dapat digunakan untuk mengaktifkan kreativitas, seperti meja kerja atau sudut kreatif untuk hobi.

  • Meningkatkan Produktivitas

Beberapa furniture, seperti meja kerja ergonomis, dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan menciptakan lingkungan yang nyaman untuk bekerja atau belajar.

Material Furniture

Perangkat furniture dapat terbuat dari berbagai macam material, berikut beberapa contoh material material yang umum digunakan dalam furniture khususnya di Indonesia:

Material Kelebihan Kekurangan
Kayu Solid Tampilan alami, tahan lama Rentan terhadap perubahan cuaca
Logam Kokoh, tahan lama Dapat berkarat, dingin
Kulit Elegan, nyaman Memerlukan perawatan khusus
Kaca Modern, refleksi cahaya Mudah kotor, mudah pecah
Bambu Ramah lingkungan, ringan Rentan terhadap serangga

1. Kayu Solid

  • Kelebihan: Kayu solid memiliki tampilan alami yang indah dan memberikan nuansa hangat pada ruangan. Selain itu, kayu yang berkualitas tinggi juga sangat tahan lama dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kekurangan: Kayu solid dapat rentan terhadap perubahan cuaca dan kelembaban. Pada kondisi lingkungan yang ekstrem, kayu bisa mengalami perubahan bentuk atau retak.

2. Logam

  • Kelebihan: Furniture yang terbuat dari logam memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi. Mereka dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak.
  • Kekurangan: Logam rentan terhadap karat, terutama jika terpapar air atau kelembaban. Selain itu, pada suhu dingin, permukaan logam bisa terasa sangat dingin untuk disentuh.

3. Kulit

  • Kelebihan: Furniture kulit memberikan tampilan elegan dan mewah. Kulit juga sangat nyaman untuk duduk dan menyentuh.
  • Kekurangan: Kulit memerlukan perawatan khusus agar tetap terjaga keindahannya. Paparan sinar matahari dan cairan dapat merusak permukaan kulit.

4. Kaca

  • Kelebihan: Furniture kaca memberikan sentuhan modern dan dapat merefleksikan cahaya, menciptakan tampilan yang cerah dan luas.
  • Kekurangan: Kaca mudah kotor dan meninggalkan bekas sidik jari. Selain itu, kaca juga mudah pecah jika terkena benturan atau tekanan.

5. Bambu

  • Kelebihan: Bambu merupakan material ramah lingkungan yang tumbuh dengan cepat. Furniture bambu ringan dan memiliki daya tahan yang baik.
  • Kekurangan: Bambu dapat rentan terhadap serangga dan kelembaban. Dalam beberapa kondisi, bambu bisa mengalami perubahan warna atau tekstur.

Catatan: Dalam memilih material untuk furniture, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan tempat tinggal Anda. Setiap material memiliki karakteristik unik yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda dalam penggunaan dan perawatan.

Contoh Macam Macam Furniture

furniture minimalis

Dalam dunia furniture, terdapat berbagai jenis yang melayani berbagai tujuan. Di bawah ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang beberapa jenis utama furniture yang paling banyak digunakan beserta fungsinya dalam kehidupan sehari-hari:

Kursi dan Sofa

  • Fungsi: Memberikan tempat duduk yang nyaman dan mendukung untuk bersantai, menerima tamu, atau menonton televisi.
  • Deskripsi: Kursi dan sofa hadir dalam berbagai desain dan ukuran. Mereka menjadi pusat perhatian dalam ruangan keluarga atau ruang tamu, memberikan tempat yang ideal untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Meja

  • Fungsi: Menyediakan permukaan datar untuk menempatkan benda-benda seperti makanan, buku, atau peralatan kerja.
  • Deskripsi: Meja hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari meja makan, meja kerja, hingga meja kopi. Mereka menjadi titik fokus di ruangan dan mendukung aktivitas sehari-hari.

Lemari dan Rak

  • Fungsi: Berfungsi sebagai penyimpanan untuk barang-barang berharga, seperti pakaian, buku, atau peralatan.
  • Deskripsi: Lemari dan rak membantu menjaga ruangan tetap teratur dan rapi. Dengan berbagai macam pilihan, mereka dapat disesuaikan dengan kebutuhan penyimpanan Anda.

Tempat Tidur

  • Fungsi: Menyediakan tempat beristirahat yang nyaman untuk tidur berkualitas.
  • Deskripsi: Tempat tidur adalah pusat dalam kamar tidur dan memainkan peran penting dalam kualitas tidur Anda. Dari tempat tidur biasa hingga ranjang bertingkat, pilihlah yang sesuai dengan preferensi tidur Anda.

Meja Makan

  • Fungsi: Tempat untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.
  • Deskripsi: Meja makan menciptakan momen berharga dalam keluarga dan memfasilitasi interaksi sosial. Ukuran dan desainnya dapat disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga atau ruang yang tersedia.

Rak TV dan Media

  • Fungsi: Menyediakan ruang untuk perangkat elektronik dan hiburan.
  • Deskripsi: Rak TV dan media membantu mengatur dan menampilkan perangkat seperti televisi, speaker, dan konsol game. Mereka juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan DVD, buku, atau barang lainnya.

Meja Kerja

  • Fungsi: Tempat untuk bekerja atau belajar dengan nyaman.
  • Deskripsi: Meja kerja dirancang untuk meningkatkan produktivitas dengan ruang penyimpanan tambahan seperti laci atau rak. Mereka cocok untuk ruang kerja di rumah atau ruang belajar.

Komoditas

  • Fungsi: Menyediakan ruang penyimpanan tambahan dan memberikan aksen dekoratif.
  • Deskripsi: Komoditas atau lemari kecil serbaguna yang dapat ditempatkan di berbagai ruangan. Mereka dapat digunakan sebagai meja samping tempat tidur, tempat penyimpanan di ruang tamu, atau bahkan sebagai meja rias di kamar.

Bangku dan Ottomans

  • Fungsi: Memberikan tempat duduk tambahan atau alas kaki.
  • Deskripsi: Bangku dan ottomans dapat digunakan untuk memberikan tempat duduk ekstra saat ada tamu atau sebagai aksesori untuk meja.

Dengan memahami berbagai jenis utama furniture dan fungsinya, Anda dapat memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan gaya dekorasi rumah Anda. Setiap jenis furniture memiliki peran khusus dalam menciptakan ruang yang nyaman dan menarik.

Model Furniture Trend 2024

trend furniture

Berikut adalah beberapa contoh model furniture yang sedang trend di tahun 2024:

  1. Furnitur Minimalis: Model furnitur ini merupakan model furniture yang menekankan desain sederhana, bersih, dan tanpa hiasan berlebih. Furniture minimalis cenderung memiliki bentuk geometris yang simpel dan warna netral. Contohnya adalah sofa dengan garis-garis tegas dan tanpa ornamen yang berlebihan, meja makan dengan desain ringkas, atau lemari dengan tampilan yang bersih dan elegan.
  2. Furniture Vintage/Classic: Perabotan vintage atau classic merujuk pada model furniture yang terinspirasi dari gaya-gaya dan desain yang populer pada masa lalu. Furniture ini sering memiliki detail-detail klasik, ukiran, atau ornamen yang khas dari era tertentu. Contohnya adalah kursi dengan bingkai kayu yang diukir indah dan dilapisi kain dengan motif klasik, atau meja makan dengan detail ukiran yang rumit.
  3. Furnitur Mobile: Furnitur mobile merujuk pada furniture yang mudah dipindahkan atau memiliki elemen pergerakan. Contohnya adalah meja dengan roda yang dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain, atau rak buku dengan roda untuk memudahkan penataan ulang ruangan.
  4. Furnitur Built-In: Furnitur built-in merujuk pada furniture yang terintegrasi secara langsung ke dalam struktur ruangan. Contohnya adalah lemari dinding yang terpasang secara permanen atau meja makan yang diintegrasikan dengan meja dapur.
  5. Furnitur Knockdown: Furnitur knockdown adalah furniture yang dapat dirakit dan dirakit kembali dengan mudah. Contohnya adalah lemari yang terdiri dari beberapa bagian yang dapat dirakit tanpa perlu pemasangan permanen.
  6. Furnitur Free Standing: Furnitur free standing adalah furniture yang berdiri sendiri dan tidak tergantung pada dinding atau struktur ruangan. Contohnya adalah sofa, kursi, atau meja yang dapat ditempatkan di mana saja dalam ruangan.
  7. Furnitur Inflatable: Furnitur inflatable adalah furniture yang dapat diisi dengan udara dan ditiup menggunakan pompa udara. Contohnya adalah sofa atau kasur udara yang mudah disimpan dan digunakan sesuai kebutuhan.
  8. Furnitur Transformable: Furnitur transformable adalah furniture yang memiliki mekanisme atau desain yang dapat diubah untuk berbagai fungsi. Contohnya adalah meja lipat yang dapat diubah menjadi meja makan atau meja kerja, atau tempat tidur lipat yang dapat diubah menjadi sofa.

Tren-tren diatas mencerminkan kebutuhan fleksibilitas, efisiensi ruang, dan desain yang inovatif dalam dunia furniture. Masing-masing model memiliki keunikan dan manfaatnya sendiri, dan dapat diadaptasi sesuai dengan gaya hidup dan preferensi dekorasi Anda.

Tips Memilih Furniture yang Tepat

tips memilih furniture

Memilih furniture yang tepat adalah langkah penting dalam menciptakan ruang yang nyaman dan indah. Berikut adalah beberapa tips dan pertimbangan yang dapat membantu Anda dalam proses pemilihan furniture:

  1. Ukuran dan Ruang: Pertimbangkan ukuran ruangan dan luas area yang tersedia untuk furniture. Pastikan furniture tidak terlalu besar sehingga menghambat pergerakan atau terlalu kecil sehingga terlihat kurang proporsional.
  2. Gaya dan Desain: Pilih gaya dan desain furniture yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda. Apakah Anda lebih suka gaya modern, klasik, atau minimalis? Pastikan furniture tersebut selaras dengan gaya keseluruhan ruangan.
  3. Material dan Kualitas: Periksa material pembuatan furniture. Kayu solid, logam, dan kulit adalah beberapa pilihan umum. Pastikan materialnya berkualitas tinggi agar furniture tahan lama dan kokoh.
  4. Memenuhi Standar Nasional/Internasional: Pilihlah furniture yang memiliki label atau sertifikasi dari lembaga yang diakui, seperti Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI) atau standar internasional ISO.
  5. Memenuhi Standar Ergonomik: Pilihlah furniture yang telah di desain dengan memperhatikan aspek ergonomi, seperti tinggi kursi yang sesuai, penyesuaian meja kerja, dan dukungan punggung yang baik pada kursi. Dengan memilih furniture ergonomis, Anda dapat menghindari masalah kesehatan seperti sakit punggung atau leher.
  6. Memenuhi Persyaratan Keamanan: Keamanan adalah hal utama ketika memilih furniture, terutama jika Anda memiliki anak-anak di rumah. Pastikan furniture memiliki fitur keamanan yang memadai, seperti mekanisme pengunci untuk lemari, pengamanan untuk rak TV agar tidak mudah jatuh, dan material yang tahan terhadap api.
  7. Family-Friendly Product: Jika Anda memiliki anggota keluarga, memilih furniture yang ramah keluarga menjadi pertimbangan penting. Pilihlah furniture yang mudah dibersihkan dan tahan lama, terutama jika akan digunakan oleh anak-anak atau hewan peliharaan. Pilih material yang tahan terhadap noda dan aus, serta desain yang aman untuk anak-anak, seperti sudut yang tidak tajam.
  8. Fungsionalitas: Pertimbangkan fungsi yang ingin Anda dapatkan dari furniture tersebut. Apakah Anda membutuhkan furniture dengan ruang penyimpanan tambahan atau hanya sebagai tempat duduk?
  9. Kenyamanan: Uji kenyamanan furniture sebelum membelinya, terutama untuk kursi, sofa, dan tempat tidur. Duduk atau berbaring sejenak untuk merasakan kenyamanannya.
  10. Warna dan Finishing: Pilih warna dan finishing furniture yang sesuai dengan palet warna ruangan. Pastikan furniture tidak bertabrakan dengan warna dinding atau lantai.
  11. Anggaran: Tetapkan anggaran yang realistis sebelum membeli furniture. Jangan tergoda untuk membeli yang terlalu mahal jika tidak sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
  12. Perawatan dan Pembersihan: Pertimbangkan tingkat perawatan dan pembersihan yang diperlukan untuk furniture tersebut. Beberapa material memerlukan perawatan khusus agar tetap terjaga keindahannya.
  13. Penggunaan Jangka Panjang: Pertimbangkan apakah furniture tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika iya, pastikan furniture memiliki kualitas yang baik untuk menghindari kerusakan cepat.
  14. Mencoba Secara Langsung: Jika memungkinkan, coba furniture secara langsung di toko atau showroom. Ini akan membantu Anda merasakan kualitas dan kenyamanannya secara lebih baik.
  15. Baca Ulasan dan Referensi: Cari ulasan online atau minta rekomendasi dari teman atau keluarga mengenai merek atau toko furniture yang baik.
  16. Fleksibilitas: Pilih furniture yang memiliki fleksibilitas, seperti sofa dengan bantal yang dapat dilepas, atau meja makan yang dapat diatur panjangnya.

Rekomendasi Toko Furniture di Indonesia

Berikut adalah 9 rekomendasi tempat belanja furniture terbaik di Indonesia, di mana Anda dapat menemukan berbagai pilihan furniture berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dekorasi rumah Anda:

  1. IKEA Indonesia: Dikenal sebagai toko furniture global, IKEA menawarkan beragam pilihan furniture dengan desain modern dan fungsional.
  2. Informa: Informa menyediakan berbagai koleksi furniture berkualitas dari gaya modern hingga klasik, serta aksesori dekorasi untuk seluruh ruangan.
  3. Olympic Furniture: Olympic Furniture menawarkan pilihan furniture kayu solid dengan desain klasik dan kontemporer, termasuk meja makan, tempat tidur, dan lemari.
  4. Ace Hardware: Selain alat dan perlengkapan rumah tangga, Ace Hardware juga menyediakan berbagai furniture untuk berbagai kebutuhan.
  5. Cellini Indonesia: Cellini Indonesia menawarkan furniture berkualitas tinggi dengan desain modern dan elegan, terutama dalam kategori sofa dan kursi.
  6. Fabelio: Fabelio adalah platform daring yang menyediakan furniture dan dekorasi rumah dengan berbagai pilihan gaya dan desain.
  7. Lio Collection: Lio Collection menghadirkan furniture dengan sentuhan etnik dan natural, terutama menggunakan material alami seperti rotan dan bambu.
  8. Shiro Furniture: Shiro furniture menawarkan koleksi furniture dengan gaya industrial dan modern, cocok untuk Anda yang menyukai tampilan yang berani dan unik.
  9. Furniture Republic: Furniture Republic menawarkan berbagai gaya furniture, termasuk minimalis, kontemporer, dan klasik, untuk memenuhi berbagai preferensi dekorasi.

Disclaimer: 9 toko furniture diatas merupakan list terbaik menurut dekorminimalis.com yang sifatnya hanya sudut pandang kami semata. Tentunya anda memiliki ragam toko furniture terbaik sesuai dengan penilaian dan pengalaman anda masing masing.

Baca Juga Katalog Warna Cat Untuk Kombinasi Furniture Anda :
Katalog Warna Cat Vinilex 2024 Katalog Warna Cat Mowilex 2024
Katalog Warna Cat Avitex 2024 Katalog Warna Cat Dulux 2024
Katalog Warna Cat Jotun 2024 Katalog Warna Cat No Drop 2024

Demikianlah serangkaian informasi mengenai apa itu furniture dan hal hal penting terkait dengannya yang bisa kami paparkan. Perlu anda ingat kembali bahwa setiap jenis furniture memiliki peran khusus dalam menciptakan ruang yang nyaman dan menarik.

Dengan memahami berbagai jenis utama furniture dan fungsinya, Anda dapat memilih dengan bijak sesuai dengan kebutuhan dan gaya dekorasi rumah Anda.

Gravatar Image
Praktisi desain interior dan eksterior di Surabaya sejak tahun 2007 hingga 2020.. Alumni S1 teknik Elektro dan S2 Statistika ITS Surabaya yang hobi otak atik dekorasi rumah dan bangunan.

1 comment

  1. Wow, awesome weblog format! How long have you ever been blogging for?
    you make running a blog glance easy. The full look of your web site is wonderful, let alone
    the content material!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *